Pertama di Riau, Inhu Laksanakan e-Voting Pilkades

Kamis,07 Desember 2017 | 19:12:17 WIB

Pertama di Riau, Inhu Laksanakan e-Voting Pilkades
Ket Foto : Ilustrasi

RENGAT (RIAUSKY.COM) - Desa Buluh Rampai kecamatan Seberida kabupaten Indragiri Hulu, akan mencatat sejarah pelaksanaan Elektronik Voting (E-Vot) Pilkades pertama di Inhu dan juga pertama di Riau. 

Selain itu Inhu merupakan kabupaten ke-15 melaksanakan E-Vot se Indonesia. 

E-Vot ini akan dilaksanakan pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Inhu pada 9 Desember 2017 yang dilaksanakan oleh 55 dari 178 Desa di Bumi Gerbang Sari ini. 

Desa Buluh Rampai akan menjadi contoh pelaksanaannya yang didukung oleh Diskominfo Inhu dan Bagian Pemerintahan Desa (PMD) Setda Inhu. 
"Jumat (8/12) tim dari Badan Pusat Pengkajian Teknologi (BPPT) pusat beserta PT Inti yang merupakan BUMN oenyedia peralatan terkait data kependudukan yang memiliki sertifikasi dari Mahkamah Konstitusi dan BPPT, akan langsung turun ke Inhu untuk memastikan kelayakan dari alat E Vot di Buluh Rampai. Jika sudah memenuhi syarat maka akan diberikan sertifikasi," jelas kabid Penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Inhu, Rengga Dwi Bramantika. 

Ditambahkannya, selain sertfikasi alat, juga akan dilakukan sertifikasi kepada SDM pelaksana E-Vot tersebut. Dijelaskannya juga manfaat dari E-Voting ini diantaranya kepastian untuk data kependudukan yang langsung dengan data Disdukcapil dan juga guna meminimalisir kecurangan-kecurangan pada pelaksanaan Pilkades tersebut dan tentunya secara otomatis akan bisa mencegah terjadinya perselisihan karena hasil juga akan terjamin akurasinya.

Dikatakannya, pelaksanaan Pilkades di aula Desa Buluh Rampai dengam jumlah pemilih 4227, dimana e Voting akan dilangsungkan hingga pukul 13.00 WIB dan untuk hasilnya akan bisa langsung didapat paling lama dalam satu jam. (*)