Pilkada Serentak 2015

DPT Berkurang, Rapat Pleno KPU Inhu Berlangsung Tegang

DPT Berkurang, Rapat Pleno KPU Inhu Berlangsung Tegang
ilustrasi pilkada (internet)
INHU(RIAUSKY.COM) - Rapat pleno KPU Inhu itu berlangsung  tegang namun lancar. Hal ini disebabkan DPT yang disampaikan masing-masing PPK mengalami penurunan atau selisih yang cukup besar dari jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah ditetapkan beberapa waktu lalu.
 
Jika dalam daftar Pemilih Sementara  (DPS)  jumlah pemilih Inhu sebanyak  299.037 orang,  namun hasil rapat Pleno KPU Inhu  Jumat (2/10/2015) menetapkan 295.316 pemilih yang masuk dalam DPT. Hal ini berarti terjadi penurunan yang cukup banyak yaitu sekitar 3721 pemilih. 
 
"Rekapitulasi DPT yang kita tetapkan ini berdasarkan hasil perbaikan DPS yang dilakukan oleh masing-masing PPK dan juga  penjaringan oleh Tim KPU," ujar Ketua KPU Inhu Muhammad Amin melalui Komisioner Divisi Teknis dan Hukum KPU Inhu Hendri A Saleh. 
 
Semenatra mengenai  selisih jumlah pemilih, hal itu dikarenakan adanya penyaringan pemilih yang dilakukan oleh Tim KPU, seperti pemilih ganda antar TPS, antar desa, kecamatan bahkan antar kabupaten/kota yang disebabkan pindah domisili.
 
Selain itu, pengurangan pemilih meningal dunia, calon pemilih yang tidak mempunyai hak pilih atau dibawah umur dan atau adanya pemilih yang tidak dikenalnya atau pemilih fiktif, jelas Hendri.
"Nantinya setelah DPT ditetapkan, kita akan mengumumkan disetiap kecamatan dan desa/kelurahan yang ada.” Tambahnya lagi. ( RO3)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index