Punya Aset Rp19 Triliun, DPRD Usulkan Pemkab Bengkalis Punya Badan Pengelola Aset

Punya Aset Rp19 Triliun, DPRD Usulkan Pemkab Bengkalis Punya Badan Pengelola Aset
Ilustrasi

BENGKALIS (RIAUSKY.COM)- Kabupaten Bengkalis benar-benar kaya. Hingga tahun 2015 lalu saja, setidaknya Pemkab Bengkalis mengelola aset tak kurang dari Rp19 triliun. 

Kondisi tersebut diungkapkan Anggota DPRD Bengkalis, Syahrial, Jumat, 29 Juli 2016 siang.
 
Terkait dengan besarnya aset tersebut juga, Syahrial mengungkapkan Pemkab Bengkalis perlu mempertimbangkan untuk memiliki badan khusus yang bertugas mengelola aset yang demikian besar tersebut.
 
Selama ini, sebut Syahrial, pengelolaan aset bergerak maupun tidak bergerak milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis mencapai setidaknya Rp19 triliun hanya dipusatkan pada Bagian Perlengkapan Sekretariat Daerah. 
 
Aset senilai belasan triliun itu dinilai kurang lumrah  jika diamankan melalui satu satuan kerja kecil  di Bagian Perlengkapan Setda dan hanya diamankan melalui Sub Bagian Pengamanan Aset. 
 
"Secara pribadi sangat setuju jika Bengkalis memiliki badan yang khusus mengelola aset pemerintah daerah. Dan selama dibentuknya badan ini tidak bertentanga dengan aturan. Hal itu juga harus menjadi pertimbangan oleh pemerintah," ungkap Anggota DPRD Bengkalis Syahrial, Jum'at, 29 Juli 2016. 
 
Ditambahkan Syahrial, badan yang sudah dibentuk itu akan secara fokus mengelola aset baik bergerak maupun tidak bergerak yang tersebar di seluruh kecamatan dengan sumber daya yang mencukupi dan memadai. 
 
"Saya pikir juga sangat kewalahan jika mengelola aset begitu besar sementara tenaga pengamanan atau sumber daya yang tidak memadai. Oleh karena itu harus ada upaya dari pemerintah, agar dalam pengelolaan aset berjalan lebih baik di masa yang akan datang," katanya kepada Bengkalisone.
 
Terpisah Kepala Bagian Perlengkapan Setdakab Bengkalis Andris Wasono menyampaikan, hingga tahun anggaran (TA) 2015 tercatat, aset bergerak maupun tidak bergerak milik Pemkab Bengkalis berjumlah lebih dari Rp19 triliun. 
 
Meskipun dengan sumber daya yang masih terbatas, tetap berupaya maksimal agar aset milik Pemkab Bengkalis terkelola dengan sebaik-baiknya. "Aset kita cukup besar, untuk pengamanan aset bertumpu pada satu sub bagian dan saat ini kami tetap berupaya maksimal. Jika dibentuk badan menurut saya memang rasanya lebih maksimal dalam pengelolaan aset ini," katanya.(R03/i)
 

Listrik Indonesia

#Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index