Ingot Optimis, Targetkan Tahun Depan Pekanbaru Punya Pasar Induk

Ingot Optimis, Targetkan Tahun Depan Pekanbaru Punya Pasar Induk
Ingot Achmad Hutasuhut
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut menargetkan tahun 2017 mendatang Pekanbaru akan memiliki pasar induk.
 
Demikian dikatakan Ingot Ahmad Hutasuhut, pada Senin, 1 Agustus 2016. Ia menyebutkan dirinya, sangat optimis jika Pekanbaru bakal punya pasar induk tahun depan.
 
"Tentu kita sangat optimis, ditambah lagi saat ini sudah ada 2 peserta lelang investasi Pasar Induk Kota Pekanbaru yang dinyatakan memenuhi syarat atau lulus pada proses tahap pendaftaran," ujarnya.
 
Ia menjelaskan, awal tahun depan sudah selesai semua tahapan administrasi untuk lelang pasar induk ini. 
 
"Itu kan hanya masalah administrasi saja. Saya rasa awal tahun sudah selesai untuk selanjutnya tahapan pembangunan," ungkapnya.
 
Apalagi, ujarnya, saat ini lahan untuk pembangunan pasar induk ini sudah ada. "Lahan ada, peserta lelang juga sudah ada. Saya rasa ini pasti akan cepat selesai," pungkasnya.
 
Diberitakan sebelumnya dua peserta lelang investasi Pasar Induk Kota Pekanbaru dinyatakan memenuhi syarat atau lulus pada proses tahap pendaftaran atau pra kualifikasi. 
 
Selanjutnya dua Investor tersebut bakal kembali mengikuti tahapan selanjutnya yakni  kualifikasi atau penawaran kontrak kerja.
 
Demikian disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Setda Pekanbaru, Firman Eka Putra, Senin (25/7/2016). 
 
Dia menjelaskan untuk kerja sama dalam investasi pasar induk ini berbeda dengan pengadaan kontrak kerja yang lainnya dimana kelulusan pada tahapan pra kualifikasi ditetapkan oleh Penyedia Jasa Tenaga Kerja (PJTK) dalam hal ini Walikota Pekanbaru.
 
"Lelang ini agak beda dengan lelang-lelang lainnya, pesertanya harus lulus tahap pemberkasan, setelah itu baru baru bisa masukkan penawaran. Saat ini sudah masuk pada tahap ke II yakni masuk penawaran," kata Eka Putra.
 
Ditanya kapan deadline proses tahap pemasukan penawaran pada proses lelang pasar induk ini, atau pengumuman pemenang lelang Eka mengatakan ditargetkan selesai dalam dua bulan mendatang.
 
"Kita targetkan dua bulan sudah selesai, karena evaluasinya agak lama tidak seperti lelang biasa," katanya.
 
Sementara itu, saat disinggung minimnya peminat peserta lelang investor pasar induk tersebut Eka menjelaskan hal tersebut di nilai wajar. "Karena syaratnya agak berat, karena ini kita tidak memilih kontraktor namun kita memilih investror, sehingga harus ada pengalaman pengurusan pasar, memiliki aset sekian milyar. Itu diantaranya persyaratan yang di terapkan," katanya lagi.
 
Terakhir, Eka putra menyampaikan, terhadap dua peserta peserta lelang tersebut salah satunya investor berasal dari Kota Pekanbaru, sedangkan satunya lagi dari luar daerah Kota Pekanbaru. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index