Pantau Pos Terluar, Danlanal Dumai Lepas Ribuan Tukik dan Penyu Hijau ke Laut

Pantau Pos Terluar, Danlanal Dumai Lepas Ribuan Tukik dan Penyu Hijau ke Laut
komandan Lanal Dumai, Letkol Laut (P) Muhammad Risahdi melepas ribuan tukik atau anak penyu hijau di Pulau Jemur.
DUMAI (RIAUSKY.COM) - Pangkalan TNI AL (Danlanal) Dumai dipimpin Letkol Laut (P) Muhammad Risahdi melepas ribuan tukik atau anak penyu hijau di Pulau Jemur, yang merupakan Pulau terdepan wilayah kerja Lanal Dumai dan merupakan salah satu tempat habitat berkembang biak penyu, pada Rabu, 3 Agustus 2016.
 
Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kunjungan kerja (kunker) Danlanal ke Pos Angkatan Laut (Posal) Pulau Jemur, Panipahan dan Bagansiapiapi.
 
"Kunjungan kerja seperti ini merupakan kegiatan rutin untuk melihat secara langsung Posal Posal di bawah jajaran Lanal Dumai, juga untuk selalu memberikan motivasi dan dukungan moril terhadap prajurit yang berada di lapangan, terutama di Pulau Terdepan," ujarnya. 
 
Beliau juga menambahkan bahwa keberadaan Posal merupakan implementasi dari tugas pokok peran dan fungsi sebagai elemen terkecil dalam strata gelar Pangkalan TNI AL, sehingga Posal mempunyai tugas pokok mengumpulkan informasi dan selanjutnya disampaikan ke satuan atas untuk dikaji dan dievaluasi sebagai data masukan untuk pengambilan keputusan, baik dalam tingkat taktis operasi dan strategis. 
 
Posal juga harus mampu mendukung dan memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan di daerah dalam konteks pembinaan potensi nasional kekuatan maritim, teritorial masalah laut serta pembinaan lainnya. 
 
"Posal juga harus melaksanakan tugas pokok dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab terhadap tupoksinya," Tambahnya. 
 
Keberadaan Posal itu merupakan ujung tombak dari Lanal dan pos tersebut mewakili keberadaan TNI AL di daerah yang akan mewarnai persepsi masyarakat kepada TNI AL, sehingga Posal harus mampu memainkan peranan kontribusi kepada masyarakat yang berarti harus benar-benar secara nyata memberikan manfaat bagi kepentingan masyarakat.
 
"Dengan kegiatan itu juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan kecintaan warga masyarakat terhadap satwa yang harus dilestarikan," tutup Danlanal.(R03/sr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index