Tahun Ini Pekanbaru Tak Kekurangan Sapi Kurban

Tahun Ini Pekanbaru Tak Kekurangan Sapi Kurban
El Syabrina
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kebutuhan hewan kurban di kota Pekanbaru saat perayaan Idul Adha 1437 hijrah kali ini sudah cukup. Hal ini dikatakan El Syabrina selaku Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pekanbaru.
 
"Kita saat ini memperkirakan sekitar 6 ribu lebih ekor sapi kurban untuk kebutuhan perayaan Idul Adha tahun ini. Itu 80 persennya dipenuhi oleh peternak lokal, selebihnya didatangkan dari luar seperti Lampung," ungkapnya, pada Jum'at, 5 Agustus 2016.
 
Mantan Kadisperindag Pemko Pekanbaru ini mereview  tahun lalu Pemko Pekanbaru kekurangan hewan kurban. "Iya, tahun lalu kita kekurangan 70 persen sapi kurban," katanya.
 
El menjelaskan pasokan sapi lokal tahun sebab banyak kelompok peternak atau pengusaha yang membuka usaha penggemukan sapi.
 
Sebelum hari raya Idul Adha, pemilik usaha membeli anak sapi kemudian dipelihara lewat penggemukan. Dengan target nantinya bisa dijual tinggi saat momen Idul Adha.
 
El menyadari penjualan sapi kurban untuk Pekanbaru menyebar pada bebarapa titik. Seminggu sebelum hari raya kurban, pihaknya akan turun ke lapangan mengecek kesehatan seluruh sapi kurban yang dijual.
 
Pihaknya fokus pemeriksaan kesehatan sapi kurban dari berbagai penyakit yang dapat menular dan membahayakan jiwa manusia. Antara lain penyakit kuku mulut atau antraks.
 
"Kita juga akan utamakan seluruh sapi yang dijual untuk kurban sudah sesuai dengan syariat Islam. Misal, tidak betina, tidak sedang hamil dan juga sudah cukup umur untuk dijadikan hewan kurban," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index