SAATNYA BERBURU KERANG...Besok Festival Menongkah Kerang di Inhil

SAATNYA BERBURU KERANG...Besok Festival Menongkah Kerang di Inhil
Ilustrasi

TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM)- Setelah dua tahun absen, Pemerintah Kabupaten Inhil kembali menggelar festival menongkah kerang yang akan dilaksanakan pada 7 Agustus 2016 besok di Pantai Bidari, Desa Tanjung Pasir Kecamatan Tanah Merah.

 
Dijadwalkan kegiatan yang pernah meraih rekor MURI pada tahun 2008 silam tersebut akan dibuka oleh orang nomor satu di Inhil, HM. Wardan.
 
Menongkah merupakan kearifan lokal masyarakat suku Duanu dalam mengambil kerang. Dengan menongkah mereka tidak merusak lingkungan ekosistem pantai tempat berkembang biaknya kerang.
 
Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Inhil, Junaidi Ismail mengungkapkan pihaknya terus berusaha dan bekerja keras agar kedepan kegiatan festival menongkah dapat terus terlaksana secara berkelanjutan setiap tahunnya.
 
"Dua tahun terakhir kegiatan ini pernah tidak dilaksanakan, itu menjadi PR kita bersama kedepan, bagaimana kegiatan ini terus ada dan dapat dilaksanakan setiap tahun, terlebih pada Tahun 2008 sudah mendapatkan penghargaan MURI untuk kategori Menongkah Massal," ungkap Junaidi.(R13)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index