Stok Hewan Kurban di Kabupaten Siak Cukup

Stok Hewan Kurban di Kabupaten Siak Cukup
ilustrasi
SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Kendati harga hewan kurban dan permintaan masyarakat setiap tahunnya mengalami peningkatan, namun untuk stok hewan kurban di Siak tahun ini diperdiksi cukup.
 
Demikian informasi ini disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Siak drh.Hj.Susilawati,M.Si saat ditanya, Senin (8/8/16) melalui telfon selulernya.
 
Kata Susi, benar untuk stok kegiatan hewan kurban pada tahun 1437 Hijriah ini, Kabupaten Siak memiliki stok hewan kurban yang cukup, kendati pada setiap tahunnya permintaan terus bertambah dan hampir 15 persen kenaikan permintaan tersebut.
 
"Hharga yang kini semakin meningkat, namun stok hewan kurban yang di miliki oleh Pemerintah Kabupaten Siak, sangat cukup, saya tidak ada masalah untuk ketersediaan hewan qurban tersebut," beber Susi.
 
Saat ditanya seberapa besar permintaan masyarakat terhadap ketersediaan hewan kurban ini, saat ditanya Susi belum bisa menjelaskan dan memastikan berapa angka permintaan yang akan direalisasikan.
 
"Kita belum melakukan pendataaan, sebab lebaran Idul Adha ini masih ada waktu sekitar satu bulan, tentunya permintaan tersebut belum bisa kami kalkulasikan, namun setelah dekat hari "H" nanti, baru data itu kami dapatkan," ujarnya.
 
Selain itu kata Susi, masalah kesehatan hewan kurban ini, terus dipantau, mulai dari kesehatan fisik hingga keberadaan hewan qurban terus dilakukan pengecekan, ini penting bagi masyarakat.
 
"Kami tidak ingin nantinya, hewan yang telah disembelih tersebut, terdapat gangguan kesehatan, dan ini bisa berbahaya bagi masyarakat. Oleh sebab itu, bagi panitia pelaksana hewan kurban, saat membeli, kesehatan dan kebugaran hewan kurban harus benar-benar diperhatikan," harapnya. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index