Bersempena HUT Riau ke-59 Andi Bilang Investasi Tumbuh Pesat, Pengangguran Berkurang...

Bersempena HUT Riau ke-59 Andi Bilang Investasi Tumbuh Pesat, Pengangguran Berkurang...
Arsyad Juliandi Rachman

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Peringatan Hari Ulang tahun (HUT) Provinsi Riau ke-59, Selasa, 9 Agustus 2016 menjadi tonggak baru pembangunan di Provinsi Riau. Sejumlah terobosan sudah dilaksanakan dan keberhasilan juga ditorehkan.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman  saat memberikan sambutan di9 tengah paripurna istimewa DPRD bersempena Hari Ulang Tahun Provinsi Riau ke-59 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Riau di Gedung Lancang Kuning.

Dalam sidang yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldy Jusman dihadiri dua wakil ketua, Manahara Manurung dan Sunaryo tersebut, Gubernur Andi Rachman menyebutkan, banyak kemajuan dan hasil yang berhasil diraih dalam setahun terakhir.

Hal tersebut menjadi catatan tersendiri baginya, mengingat saat ini adalah tahun dimana dia diberikan kepercayaan untuk memimpin pembangunan di Provinsi Riau.

Dari pidato sambutannya, Gubri beberkan apa yang sudah tercapai di tahun ini dalam kepemimpinannya.  Diantaranya, realisasi pencapaian Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) Provinsi Riau untuk saat ini berada di 10 besar dengan total realisasi sekitar 18,110 triliun.Kemudian berhasil dalam menurunkan jumlah penggangguran yaitu dari 199.948 orang  (6,72 persen) pada Februari2015 menjadi 176.948 orang (5,94 persen) pada Februari 2016.   

Jumlah penduduk miskin  pda bulan Maret 2016 tercatat 515.040 jiwa (7,98 persen) dimana sebelumnya pada bulan Maret 2015 tercatat 531.039 jiwa (8,42 persen).  "Jadi Penduduk Miskin Riau mengalami penurunan sebesar 15.098 jiwa atau 3,01persen", sebutnya.

Kemudian disampaikan juga, pembangunan manusia terus mengalami peningkatan yang ditandai dengan index Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2015 seesar70,84 dimana di tahun 2014 sebesar 70,33 poin.

"Jadi terjadi peningkatan sekitar 0,51 poin", sebutnya juga sembari mengatakan untuk ditahun 2015 Provinsi Riau berhasil meraih WTP dari BPK RI terhadap pemeriksaan atau pertanggungjawaban penggunaan APD 2015 walau realisasi anggaran hanya 68 persen dan berharap di 2016 akan lebih baik.

Pelaksanan Paripurna DPRD bersempena HUT Riau ke-59 terlihat ramai namun tetap berjalan khidmad.

Sejumlah tokoh Riau, mantan pejabat, tampak hadir memenuhi ruangan yang terletak di lantai dua gedung DPRD Riau di Jalan Sudirman Pekanbaru tersebut.

Pada acara bertemakan, "Kita Tingkatkan Kinerja Pemerintah Daerah Terhadap Pelayanan Publik Melalui Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Teknologi" ini, Tampak Mantan Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit juga ratusan undangan lainnya. Selain itu juga terlihat sejumlah bupati di Provinsi Riau, diantaranya, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Wakil Bupati Siak, Alfedri, Bupati Kuantan Singingi, Mursini dan istri, Wali Kota Pekanbaru, Dr Firdaus ST, MT, Wali Kota DUmai, Zulkifli AS, Bupati Pelalawan HM Harris dan banyak tokoh lainnya. (R03/i)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index