Bapedalda Rohil Sosialisasikan Penggunaan GPS Atasi Karlahut

Bapedalda Rohil Sosialisasikan Penggunaan GPS Atasi Karlahut
Kegiatan sosialisasi penggunaan GPS
BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Bapedalda mengadakan Sosialisasi pencegahan karhutla dengan metode partisipasi masyarakat dalam pembuatan peta administrasi desa/kepenghuluan rawan bencana/karlahut berbasis GPS (gloofbal positioning system). 
 
Sosialisasi ini dilaksanakan dengan melibatkan sejumlah unsur terkait. seperti aktivis Gerakan desa membangun dari provinsi riau dan dihadiri kepenghuluan/camat dan Masyarakat Peduli Api (MPA).
 
Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Bapedalda Kabupaten Rohil, Suta Wira Praja menjelaskan, sosialisasi yang dilaksanakan di dua lokasi. Yakni di kantor penghulu Labuan Papan Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan dan kantor penghulu Jumrah Kecamatan Rimba Melintang. 
 
Pria yg gemar bernain futsal ini menambahkan, Kabupaten Rokan Hilir salah satu daerah rawan kebakaran. ada pun kendala yang sering terjadi di lapangan yaitu medan sulit dijangkau, ketersediaan air, batas administrasi yang tidak jelas dimana (letak titik api). 
 
“Atas pertimbangan itulah kita buat sosialisasi ini” kata wira.
 
selain dua kecamatan ini Wira menambakan Bapedalda juga akan mengadakan sosialisasi ini ke 4 kepenghuluan di 4 kecamatan Kabupaten Rokan Hilir. 
 
Wira bersama partisiapasi dari gerakan desa membangun Isam Setiawan memberikan arahan kepada penghulu di kecamatan agar paham tentang alat GPS yang dituju oleh kecamatan agar setiap camat bisa mendekteksi adanya gejala api yang akan membesar serta titik posisi dimana api itu berada. 
 
“Ini tidak hanya sosialisasi saja tetapi kita juga mengajak kepala desa/kepenghuluan memiliki kesadaran untuk mendapatkan luas sebenarnya, agar dapat dikelola dengan baik tidak ada tumpang tindih mengenai kewenanganya dan ini merupakan salah satu Pilot Projek jangka panjang untuk kemakmuran desa. Pantau,lihat GPS ada gejala langsung tau titik dimana gak perlu bingung” jelas Wira.
 
Tidak menutup kendala wira juga mengatakan Karena keterbatasan dana akibat rasionalisasi, kita mencari dari sumber lain dari dana aspirasi anggota dewan dan dana desa juga bisa dianggarkan untuk pengadaan GPS.
 
Target Bapedalda 6 kepenghuluan di 6 kecamatan selanjutnya adalah Desa Bangko Bakti, Bangko Pusako, Sungai Rangao, Rantau Kopar, Pujut dan Tanah Putih. (R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index