Terkena Dampak Banjir, Warga Rohul Bakal Terima Bansos Pemerintah Pusat

Terkena Dampak Banjir, Warga Rohul Bakal Terima Bansos Pemerintah Pusat
Herry Islami
PASIRPENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia pada tahun 2016 telah memberikan alokasi bantuan sosial kepada masyarakat di Rokan Hulu yang pemukiman mereka terkena dampak banjir.
 
Pada tahap pertama, Pemerintah Pusat telah mengalokasikan bantuan bahan rumah (BBR) bagi 445 pemukiman warga yang selama ini menjadi langganan banjir di Rokan Hulu. 
 
Dari 445 pemukiman warga tersebut, 315 pemukiman warga tersebut harus sudah selesai dibangun menjelang tanggal 30 Agustus 2016 nanti.
 
Penjelasan itu disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rokan Hulu, Herry Islami,MT, kepada RiauSky.com, Rabu (10/9), terkait dengan pelaksanaan pembangunan rumah layak huni yang mendapatkan bantuan bahan rumah dari Pemerintah Pusat tahun 2016.
 
"Kelompok masyarakat harus menyelesaikan pembangunan rumahnya.sehingga, kedepan tidak ada lagi warga Rohul yang berdomisili diatas lokasi banjir," papar Herry Islami.
 
Dijelaskan Herry Islami, yang juga mantan Kepala Dinas Bina Marga,bagi masyarakat yang ingin mendapatkan BBR dari pemerintah, mereka harus bersedia membuat pernyataan untuk pindah dari lokasi banjir serta menyiapkan lahan untuk pembangunan rumah layak huni itu.
 
Hingga awal Agustus 2016, progress pembangunan rumah layak huni yang mendapat bantuan bahan rumah sudah mencapai 60 persen. Menjelang akhir bulan nanti, diperkirakan tahapan awal pembangunan rumah layak huni sebanyak 315 tersebut akan berhasil dilaksanakan.
 
Pembangunan rumah tersebut secara lansung dilakukan oleh warga,masing masing warga mendapatkan bantuan bahan rumah senilai Rp,20 juta. Bantuan tersebut secara langsung dikirim oleh Kementerian Sosial kepada Kelompok Masyarakat di Rokan Hulu. (R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index