TEROR WARGA..Kawanan Gajah Rusak Tanaman di Rumbai Bukit

TEROR WARGA..Kawanan Gajah Rusak Tanaman di Rumbai Bukit
ilustrasi
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Teror dari gajah liar terus menghantui masyarakat Riau, kali ini terjadi di salah satu daerah di Pekanbaru.
 
Adalah sekawanan gajah liar yang sudah dua pekan terakhir ini menjadi teror bagi warga di sejumlah RT di Kelurahan Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. 
 
Hampir setiap malam hewan berbadan jumbo tersebut datang berombongan untuk mencari makan. Sasarannya, tanaman pertanian di peladangan warga.
 
"Sudah banyak tanaman di ladang warga kami yang dirusak gajah. Ada papaya, pisang dan ubi. Kami di sini memang bertani," tutur Ketua RT 03/ RW 05 Nurman Waton seperti dimuat riauterkinicom, Kamis (11/8/16). 
 
Kondisi ini, menurut Nurman menyebabkan kerugian dan keresahan masyarakat. Rugi, karena banyak tanaman yang sia panen justru dirusak gajah dan khawatir keselamatan mereka dari ancaman gajah-gajah liar. 
 
"Kami takut. Lebih baik menjauh saja. Paling untuk mengusir, kami bikin perapian di ladang, tapi begitu apinya padam karena kayunya habis, gajahnya datang lagi," keluhnya. 
 
Selain di RW 05, menurut Nurman, kawanan gajah liar juga merusak ladang kelapa sawit warga RW 09. Di kawasan tersebut, warganya melakukan pengusiran dengan menggunakan metasan meriam. 
 
"Tiap malam terdengar letusan meriam untuk mengusir gajah, tapi sepertinya tetap saja gajah itu kembali setelah sepi," tuturnya. 
 
Dikatakan Nurman, meskipun serangan gajah sudah dilaporkan ke aparat setempat, sampai ke Camat Rumbai Bukit, tapi sampai sekarang belum adan tindakan aparat untuk melakukan pengusiran. 
 
"Kami harap ada petugas yang dikirim ke sini untuk melakukan pengusiran. Kami takut gajahnya nanti mengamuk," pintanya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index