MIRIS...Usai HLH Sedunia Digelar di Siak, Aktivitas Illegal Logging Justru Kian Marak

MIRIS...Usai HLH Sedunia Digelar di Siak, Aktivitas Illegal Logging Justru Kian Marak
Personil Polsek Lubuk Dalam berfoto bersama tersangka dan barang bukti berupa kayu olahan tanpa dokumen
SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Meskipun Siak mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia tingkat nasional Juli 2016 lalu, namun aktivitas illegal logging masih terjadi. 
 
Titik-titik rawan illegal logging belum sepenuhnya terawasi dengan baik.
 
Aktivitas illegal logging di Siak kali ini terjadi di Kecamatan Kerinci Kanan. Aktifitas itu terungkap bukan pada hulunya, melainkan pada hilirnya. Yakni kala personel Polsek Lubuk Dalam menggelar giat cipta kondisi di wilayah hukumnya, Senin (8/8/2016) malam. 
 
Petugas yang sedang melaksanakan giat berhasil menghentikan satu unit colt diesel yang berisi kayu olahan tanpa dokumen.
 
Meskipun kemudian, Polsek Lubuk Dalam mengekspos tangkapan kayu olahan sebanyak 5 kubik ini pada Kamis (11/8/2016). Sehingga mempunyai jarak sekitar 2 hari sehingga baru diekapos ke pihak media.
 
Kapolres Siak AKBP Restika Pardamean Nainggolan melalui Kapolsek Lubuk Dalam AKP Andi Agusfian Pranata mengatakan, anggota piket gabungan fungsi Polsek Lubuk Dalam melaksanakan patroli malam itu. Saat petugas melewati jalur II Kampung Sialang Baru, ditemukan mobil colt diesel BM 9871 CK warna hitam.
 
"Beberapa orang sedang membongkar muatan mobil yakni kayu olahan. Pembongkaran dilakukan di rumah warga bernama Yanun. Petugas lalu mengecek dokumen kayu olahan itu, ternyata tidak ada dokumennya," kata dia.
 
Sopir colt diesel, Sugiyanto kepada petugas kepolisian mengaku kalau kayu yang dibawanya memang tidak memiliki dokumen resmi. Sementara kayu olahan tanpa dokumen itu dibawanya dari SP 10 Kecamatan Kerinci Kanan.
 
"Sugiyanto mengantarnya atas pesanan di Yanun ini. Sehingga keduanya kita amankan beserta juga barang buktinya. Sekarang masih kita tahan untuk proses lebih lanjut," kata dia. (R08/TP)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index