Akibat Kabut Asap

Wow... Selama September SSK II Pekanbaru Rugi Sebesar Rp 4 MIlyar

Wow... Selama September  SSK II Pekanbaru Rugi Sebesar Rp 4 MIlyar
Bandara SSK II Pekanbaru
PEKANBARU(RIAUKSY.COM)- Akibat Kabut asap yang melanda Kota Pekanbaru  operator Bandara SSK II yakni PT Angkasa Pura II merugi milayaran rupiah.
 
Kepala Divisi Pelayanan Operasional Bandara SSK II Pekanbaru, Hasturman Yunus, selama  kabut asap aktifitas Bandara SSK II Pekanbaru terganggu. Padahal bandara ini merupakan yang  terpadat kedua di Sumatera.
 
Penyebabnya , ratusan jadwal penerbangan dari dan  ke Pekanbaru dibatalkan.Sehingga angkasa pura II kehilangan potensial pendapatannya atau potential loss yang mencapai Rp4 milyar selama September.
 
"Selama September angkasa pura merugi akibat potential loss yang mencapai Rp4 milyar, rugi dalam artian kehilangan pendapatan ya," ujarnya,Selasa (6/10/2015)
Jumlah  Rp4 milyar tersebut  dihitung dari kerugian akibat Pelayanan Jasa Pendapatan Penempatan ataupun penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U) dan Pelayanan Garbarata (Aviobridge). 
 
Belum masuk Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) yang didalamnya terdapat layanan Baggage Handling System (BHS) dan Airport Tax yang hilang selama kabut asap.
 
"Airport tax sekarang include kedalam tiket, sementara penerbangan yang batal sebagian besar tiket penumpang dipulangkan. Jadi kita gak dapat apa-apa," tandasnya.
 
Dalam sehari katanya, biasanya jumlah penumpang baik keberangkatan maupun kedatangan di Bandara SSK II berkisar 7000-8000 penumpang.
 
"Sehari biasanya (penumpang,red) bisa mencapai 8 ribuan. Itu baru perhari, hitung saja berapa banyak penerbangan yang batal," cetusnya.
Selain itu Angkasa Pura juga dirugikan akibat biaya operasional yang harus ditanggung, meskipun aktifitas penerbangan nihil.
 
"Kerugian lain yang belum kita hitung itu biaya operasional kita, seperti listrik dan air. Karena walau bagaimanapun AC dan Lampu harus tetap menyala, petugas tetap bekerja, air tetap dipakai. Tapi itu tidak masalah lah, karena itu bagian dari pelayanan kita," cetusnya.(***)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index