Pemkab Pelalawan Tergetkan Kemiskinan Turun 4,20 Persen

Pemkab Pelalawan Tergetkan Kemiskinan Turun 4,20 Persen
Syahrul Syarif MSi
PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Kabupaten Pelalawan merupakan kabupaten yang memiliki karateristik wilayah yang beragam. 
 
Bahkan di Kabupaten Pelalawan terdapat satu kecamatan yang belum bIsa ditempuh melalui jalur darat yakni Kecamatan Kuala Kampar. Hal ini harus bisa menjadi perhatian bersama, secara garis kemiskinan banyak terdapat diwilayah pesisir dan sulit untuk dijangkau.
 
Berbicara kemiskinan tidak lepas dari tolak ukur laporan data dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan. Dan berdasarkan data BPS yang dilaporkan kepada tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K), bahwa jumlah penduduk miskin di Kabupaten Pelalawan mengalami penurunan. 
 
"Dimana pada tahun 2009 jumlah penduduk miskin 50.710 atau 16,71 persen dan pada tahun 2014 mengalami penurunan menjadi 43.600 jiwa. Meski terjadi penurunan, namun kita jangan berpuas diri, sebab masih ada peluang-peluang guna memaksimalkan pelaksanaan program atau sikronisasi dengan CSR perusahaan yang ada, agar jumlah masyarakat miskin dapat ditekan seoptimal mungkin," ujar Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan Ir M Syahrul Syarif MSi, kemarin.
 
Katanya, untuk mewujudkan peningkatan derajat kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pelalawan, maka diperlukan kerjasama yang sistematis, terencana dan bersinergi antara pemerintah, dunia usaha serta masyarakat untuk mengurangi jumlah penduduk miskin.       
 
"Dan kita akan menargetkan RPJMD di bidang kemiskinan yakni menurun hingga 4,20 persen hingga tahun 2021. Pasalnya, pada dasarnya prinsip utama penanggulangan kemiskinan bersifat lintas sektoral dan lintas pemangku kepentingan. Upaya ini tidak hanya melibatkan pihak pemerintah, tetapi juga non pemerintah seperti organisasi masyarakat serta dunia usaha," sebutnya. (R11)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index