Disdukcapil Pekanbaru Pinjam Blanko e-KTP dan Tinta Cat ke Rohil dan Pelalawan

Disdukcapil Pekanbaru Pinjam Blanko e-KTP dan Tinta Cat ke Rohil dan Pelalawan
Baharuddin
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru kelimpungan, akibat permintaan blanko Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) meningkat. 
 
Tak hanya itu saja Ribbon (Tinta Cat) yang ada juga hampir habis. 
 
Disdukcapil terpaksa meminjam Blanko e-KTP, ke Kabupaten Rokan Hilir, sedangkan Ribbon dipinjam ke Pelalawan. Meski jumlah peminjamannya tidak banyak namun dinilai sementara waktu dapat membantu Disdukcapil Kota Pekanbaru untuk memenuhi permintaan masyarakat yang semakin meningkat.
 
"Blanko yang dimiliki semakin meminipis, Kita pinjam sebanyak 800 blanko ke Rohil, dari Pelalawan kita pinjam Ribbon sebenyak dua kali sekitaran 4-5 buah," ujar Baharuddin, Kadisdukcapil Pekanbaru, Sabtu, 20 Agustus 2016.
 
Peminjaman blanko e-KTP itu kata Baharuddin merupakan yang pertama kali dilakukan pihaknya, karena jumlah masyarakat yang ingin memiliki e-KTP di Pekanbaru semakin meningkat. Nantinya pencetakan dilakukan bagi masyarakat yang benar membutuhkan e-KTP.
 
"Kita cetak dulu masyarakat yang betul-betul sangat membutuhkan. Seperti untuk orang mengurus BPJS pergi umroh dan lain sebagainya. Yang tidak mendesak nanti kita cetak setelah blanko e-KTP datang dari pusat," paparnya
 
Ketika disinggung mengenai berapa jumlah bantuan blanko e-KTP yang akan datang dari pusat, Kadisdukcapil belum dapat memastikannya. Sebab pihaknya baru merencanakan penjemputan blanko e-KTP.
 
“Kita pasti mengusulkan sebanyak-banyaknya, tapi kita tidak tahu berapa jumlah yang akan dikabulkan," paparnya
 
Selain blanko, dalam pencetakan e-KTP pihaknya juga mengalami kendala. Karena mesin pencetak e-KTP yang dimiliki Disdukcapil yang berfungsi hanya sebanyak dua unit. Ia merencanakan akan mengganggarkan penambahan alat pencetakan di APBD-P 2016.
 
"Alat yang kita miliki 4 unit, berfungsi hanya dua unit. Kita rencanakan alat penambahan di APBD-P, karena satu alat hanya mampu mencetak 150 e-KTP, artinya kita satu hari hanya mampu mencetak 300 e-KTP," tuturnya mengakhiri. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index