Wacana Kartu Pintar Sudah Dapat Dukungan Dari Swasta

Wacana Kartu Pintar Sudah Dapat Dukungan Dari Swasta
Firman Eka Putra

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)-  Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mulai berinovasi untuk meluncurkan pemakaian kartu pintar untuk pengurusan berbagai pelayanan di Pekanbaru. 
 
Pemko mengklaim, inovasi ini merupakan program perdana yang ada di Indonesia.
 
Demikian dikatakan Kepala Bagian Pembangunan Setda Pekanbaru, Firman Eka Putra, Ahad, 21 Agustus 2016. Kata dia, kartu pintar yang dimiliki Pemko Pekanbaru tidak hanya untuk melayani transaksi keuangan non tunai namun juga sekaligus untuk pelayanan.
 
Lanjutnya, di Jakarta memang sudah ada menggunakan kartu pintar tapi hanya untuk mendapatkan satu pelayanan saja seperti pembelian tiket Trans Jakarta. Sementara yang ada di Pekanbaru nantinya bisa digunakan untuk pelayanan perizinan.
 
"Yang sudah ada di kota lain itu kartu pintar khusus untuk transaksi keuangan atau juga hanya untuk pelayanan transportasi saja. Namun yang dirancang Pemko Pekanbaru ini untuk transaksi keuangan serta multi pelayanan," terang Eka.
 
Wacana Pemko ini sudah mendapat dukungan dari bank Indonesia serta bank lainnya. "Kartu pintar yang akan kita luncurkan bernilai plus dibanding kartu yang sudah ada, makanya pihak Bank juga sangat mendukung," sebutnya.
 
Untuk diketahui, mengikuti perkembangan IT Pemko Pekanbaru berencana meluncurkan sekitar 1 juta lembar kartu pintar yang akan diberikan khusus bagi warga yang sudah terdata sebagai warga Pekanbaru. Dengan kartu pintar warga bisa memperoleh pelayanan publik dari Pemko Pekanbaru tanpa harus mengantri. (R05)
 

Listrik Indonesia

#Pemko

Index

Berita Lainnya

Index