Pembangunan Pipa Gas Pekanbaru Tahap II untuk Sail dan Pekanbaru Kota

Pembangunan Pipa Gas Pekanbaru Tahap II untuk Sail dan Pekanbaru Kota
Proses pemasangan pipa gas Pekanbaru tahap I beberapa waktu lalu.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera akan membangun pipa gas tahap II di Kecamatan Sail dan Pekanbaru kota, sebelumnya pembangunan pipa gas tahap I telah diselesaikan di Kecamatan Liumapuluh.

 
Hal ini setelah Pemko Pekanbaru mendapatkan kepastian jatah pembangunan jaringan pipa gas kota (city gas) tahap II dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk tahun 2017.
 
"Kita sudah menerima kunjungan tim Pertamina dan PT Pertagas Niaga terkait disetujuinya pembangunan jaringan gas rumah tangga tahap II," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus di Pekanbaru, Ahad, 21 Agustus 2016.
 
Firdaus menjelaskan audiensi dari rombongan Pertamina dan PT Pertagas Niaga meminta dukungan pemerintah kota (Pemko) untuk memberikan izin atas disetujuinya pembangunan jaringan pipa gas kota tahap II di wilayah setempat.
 
"Ini kami sambut baik, karena setelah Kecamatan Lima Puluh tahun ini, ternyata tahun depan akan ada pembangunan jaringan baru di Pekanbaru," sebut Firdaus.
 
Wali Kota menerangkan pada pertemuan itu Pemko juga menerima informasi terkait penyelesaian pembangunan jaringan gas kota tahap I yang dilakukan PT Pertagas Niaga pada Kecamatan Lima Puluh.
 
"Kini tinggal proses pemasangan meteran dan diperkirakan selesai akhir Agustus ini," terang dia.
 
Selanjutnya kata dia pembicaraan berlanjut kepada pihak Pertamina meminta Pemko untuk menentukan dan memilih kecamatan mana yang akan jadi wilayah pembangunan tahap II ini.
 
Karena mengingat jumlah sambungan mencapai 5.000 rumah tangga, maka diusulkan ada dua kecamatan yang akan jadi target.
 
"Jadi kami usulkan untuk tahap II gas kota dipasang di Kecamatan Sail dan Pekanbaru Kota," tegas Firdaus.
 
Pilihan dua wilyah itu didasarkan selain dekat nantinya dengan sambungan jaringan pipa gas kota tahap I. Juga wilayah tersebut sudah padat penduduk dan maju sistem dan pembangunannya sehingga akan lebih mudah untuk merubah penggunaan gas tabung menjadi jaringan.
 
Apalagi disini banyak terdapat pusat ekonomi dan hotel sehingga bisa lebih efektif untuk penggunaan biaya produksi.
 
Menurut analisa Firdaus gas kota ini sangat pantas digunakan bagi Kota Pekanbaru yang sudah mengarah ke metropolitan. Karena nantinya dengan pelayanan yang ada akan lebih hemat, aman dan praktis ketimbang pakai tabung. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index