Bulog Riau Siapkan Program Rumah Pangan Kita

Bulog Riau Siapkan Program Rumah Pangan Kita
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Badan Urusan Logistik (Bulog) Riau ditargetkan pemerintah pusat untuk mampu menurunkan harga gula pasir diakhir tahun 2016 menjadi Rp 12 ribu per kilogram.
 
Dalam minggu ini harga gula pasir di Provinsi Riau khususnya di Kota Pekanbaru menyentuh harga Rp 18 ribu per kilogram.
 
Mengantisipasi hal ini Bulog wilayah Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) khususnya untuk di Kota Pekanbaru tengah menyusun program untuk mencapai target harga yang ditetapkan pemerintah pusat.
 
"Kami saat ini tengah menyusun program terobosan yang nantinya akan menjadi cara untuk menekan harga gula pasir di pasaran. Program yang tengah kami susun ini yakni Rumah Pangan Kita (RPK)," kata Humas Bulog wilayah Riau dan Kepri, Hendra Gunafi.
 
Ia mengatakan pada program yang tengah dipersiapkan tersebut nantinya Bulog wilayah Riau dan Kepri akan merangkul serta melibatkan masyarakat demi suksesnya program tersebut.
 
Rencananya program ini akan dijalankan mulai pada September 2016 mendatang. Pada program RPK ini nantinya dalam pendistribusian stok logistik di Bulog memanfaatkan peran serta masyarakat sebagai pihak yang mendistribusikan.
 
"Jadi nantinya masyarakat yang berminat menjadi sebagai pihak pendistribusi logistik dari Bulog akan menanamkan sejumlah uang kepada Bulog. Nantinya uang tersebut menjadi debit dari masyarakat untuk mendapatkan logistik dari Bulog dan menristribusikannya kepada masyarakat," katanya.
 
Ia menjelaskan hal ini berbeda dari apa yang dilaksanakan pada operasi pasar ataupun penyaluran Raskin. Dengan program ini nantinya masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan murah jadi lebih dekat dan tidak perlu menunggu kapan ada operasi pasar atau membeli ke kantor Bulog. (R02/TP)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index