AMAN...5.974 Ekor HPR di Pekanbaru Sudah Diberi Vaksin

AMAN...5.974 Ekor HPR di Pekanbaru Sudah Diberi Vaksin
El Syabrina
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Peternakan dan Dinas Pertanian kota Pekanbaru menyatakan sebanyak 5.974 ekor Hewan Penular Rabies (HPR) di Kota Pekanbaru telah mendapatkan vaksinasi.
 
Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, El Syabrina kepada wartawan, Senin, 22 Agustus 2016. Dikatakannya HPR ini meliputi kucing, anjing dan juga kera.
 
"Ini merupakan program tahunan dari Distanak," ujar El Syabrina.
 
Ia mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk menghindari hewan peliharaan masyarakat di Pekanbaru dari penyakit rabies. 
 
"Penyakit rabies inikan menular. Jika menggigit manusia, tentu ini akan bisa menular dan nantinya bisa berujung pada kematian. Ini yang berupaya kita hindarkan," jelasnya.
 
Lanjutnya, saat ini masyarakat Pekanbaru banyak yang memelihara binatang. 
 
"Otomatis karena dipelihara kan mereka hidup bersama. Oleh karena itu setiap tahunnya kita lakukan vaksinsi untuk menghindarkan penyakit rabies pada hewan peliharaan," terangnya.
 
Lebih lanjut Ia menjelaskan kegiatan vaksinasi ini masih akan berlangsung hingga akhir tahun. 
 
"Untuk wilayah yang menjadi lokasi penyebaran HPR terbanyak ada di Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir, Tenayan Raya dan Payung Sekaki," ungkapnya.
 
"Untuk yang sudah kami vaksin itu ada di wilayah Tampan, Rumbai, Marpoyan Damai dan Rumbai Pesisir serta beberapa kecamatan lainnya dengan jumlah 5.974 ekor," tambahnya.
 
Untuk target, ujar El, untuk tahun ini pihaknya menargetkan memberikan vaksinasi untuk 1.000 HPR. "Untuk penanda, hewan yang sudah divaksin akan dipasangi kalung khusus berwarna jingga," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index