Pemprov Kalsel Belajar Teknologi Pengelolaan Pupuk Organik ke Siak

Pemprov Kalsel Belajar Teknologi Pengelolaan Pupuk Organik ke Siak
Pemprov Kalsel saat stuban di Siak
SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Dinas Peternakan PemProv Kalimantan  Selatan yang terdiri dari 20 orang yg berasal dari 3 Dinas peternakan kabupaten di Kalimantan selatan melakukan Studi Banding ke Kabupaten Siak dengan tema "Adopsi perbibitan sapi potong di Sentra Peternakan  Rakyat (SPR)" dan "Alih Teknologi Peternakan".
 
Kunjungan Tamu studi banding ini disambut langsung oleh Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kab Siak, drh. Hj. Susilawati, MM beserta jajaran di Balai Zamrud Komplek Abdi Praja Siak Sri Indrapura, Rabu (24/8/2016) kemarin. Rombongan tersebut  terdiri dari Disnak kab. Tanah Laut Kalsel, Disnak kab  Banjar Kalsel dan Disnak kab. Balangan.
 
Pada penyambutan kunjungan studi banding ini Susilawati menyampaikan paparan profil kabupaten Siak dan Peternakan terkini. Dan kemudian dilanjutkan kunjungan lapangan di kelompok SPR Perbibitan "Maju Makmur" kampung Merangkai, kecamatan Dayun dan kelompok "Karya Bersama" kampung Sialang Palas, kecamatan Lubuk Dalam.
 
Dalam kunjungan Lapangan ke kelompok, rombongan mendapat sajian materi teknis Tata Kelola/manajemen Perbibitan Sapi Bali, teknologi pengelolaan pupuk organik cair dan padat beserta aplikasi dan analisanya, pengolahan pakan dengan beberapa versi komposisi dari limbah sawit dan berbagai ilmu lain yang menjadi ciri khas kelompok perbibitan yang tergabung dalam SPR "SIAK JAYA MAKMUR".
 
Salah satu yg menarik perhatian disnak prop. jabar dan kalsel adalah bahwa pengembangan peternakan sistem integrasi sapi sawit di Siak selain mengaplikasikan ka'idah perbibitan, juga telah menerapkan konsep Zero Waste. hal yang menciri pada konsep perbibitan ini adanya suatu pencatatan (record) mulai dr sapi itu lahir hingga berumur 1,8 bulan yg meliputi pencatatan status reproduksi, silsilah sapi, tanggal perkawinan, tanggal lahir, berat badan dan lain-lain.
 
Sedangkan yg dimaksud Zero Wasteadalah mulai dari produksi sampai berakhirnya suatu proses produksi dapat dihindari terjadi produksi sampah, atau diminimalisir terjadinya sampah. Konsep Zero Waste ini salah satunya dengan menerapkan prinsip 3 R (Reduce, Reuse, Recycle).
 
Sementara Pemprov Jabar tersebut membawa 7 dinas kabupaten kota yaitu Dinas peternakan propinsi Jabar, Disnak kab Sukabumi, Disnak Kab.Purwakarta, Disnak kab  Bogor, Disnak Majalengka  Disnak Garut, dan Disnak Tasik Malaya. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index