Fasum Dirusak, Dewan Minta Pemko Pasang CCTV

Fasum Dirusak, Dewan Minta Pemko Pasang CCTV
Tengku Azwendi
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Fasilitas Umum (fasum) milik aset Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang dibuat untuk keindahan kota, di rusak oleh tangan-tangan jahil. 
 
Seperti halnya halte bus dan nama taman yang dibuat oleh Pemko. Tidak sedikit pula fasum yang sudah dibuat tidak terawat dibiarkan habis dimakan masa.
 
Anggota DPRD Kota Pekanbaru dari Fraksi Demokrat, Tengku Azwendi Fajri, menyebutkan bahwa, Fasum dibangun menggunakan APBD, seperti halte, lampu jalan, taman kota dan lainnya, mestinya dijaga secara bersama-sama.
 
“Kalau kondisi sekarang ini kesadaran dari masyarakat kurang. Kalau dirusak, harus di proses secara hukum. Memang sampai saat ini pelakunya tidak pernah diketahui, makanya harus dipasang cctv untuk pengawasan visualnya dan lakukan pengawasan rutin,” kata Azwendi kepada wartawan, Kamis, 25 Agustus 2016.
 
Dia menyebutkan, banyak masyarakat yang jahil dengan fasum yang ada, dirusak, dicoret-coret, di kotori yang membuat kondisinya semakin tak menentu.
 
“Ini harus menjadi perhatian bersama. Memang tidak harus Pemko saja yang menjaga dan merawatnya, akan tetapi semua masyarakat juga mestinya harus sama-sama menjaga fasum itu,” ungkap Azwendi.
 
Politisi Demokrat yang saat ini menjabat sebagai ketua Komisi II, menyebutkan ketika fasum sudah dibuat bagus, dan cantik serta membuat kota menjadi indah dipandang harusnya tidak dirusak.
 
“Kerusakan di fasum tertentu itu tentu tidak diketahui oleh Satker terkait, harusnya di laporkan supaya diperbaiki,” sebutnya.
 
Menurut dia, pemeliharaan fasum telah dianggarkan lewat APBD. Dengan ketentuan, fasum rusak secara alami atau teknis, bukan dirusak oleh oknum tertentu.
 
“Jika fasum yang dirusak oleh oknum masyarakat dan diperbaiki juga maka menimbulkan pembiayaan baru. Dengan kondisi APBD yang minim sekarang ini, mestinya kita bisa melakukan efisiensi jadi tidak bisa,” pungkasnya. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index