Ribuan Warga Berkumpul di Mapolsek Cerenti, Hendak Jemput Jalur Sijontiak di Inuman

Ribuan Warga Berkumpul di Mapolsek Cerenti, Hendak Jemput Jalur Sijontiak di Inuman
Ribuan warga berkumpul di Mapolsek Cerenti.

 

CERENTI (RIAUSKY.COM) - Sekitar 3.000-an warga Cerenti berkumpul di Mapolsek Cerenti, Senin, 29 Agustus 2016 malam. Mereka bersiap-siap untuk datang ke Kecamatan Inuman, karena jalur Sijontiak Lawuik PT RAPP disandera oleh masyarakat setempat.
 
"Ada sekitar 3.000 orang yang berkumpul, kami akan menjemput jalur kami," ujar Afrizal, seorang warga Cerenti  seperti dilansir dari goriau.
 
Kembali memanasnya hubungan antara Cerenti dan Inuman ini tidak terlepas dari kerusuhan yang terjadi saat pacu jalur di Tepian Narosa, Sabtu, 27 Agustus 2016 lalu.
 
Kabarnya, masyarakat Inuman tidak terima karena jalurnya dirusak oleh massa yang menonton pacu jalur. Seperti yang diberitakan sebelumnya, kerusuhan berawal dari saling ejek antara sporter Sijontiak Lawuik dan pemacu Dewa Ruci Arung Samudera dari Pulau Sipan Inuman.
 
Dari kerusuhan ini, sedikitnya enam orang mengalami luka serius akibat lemparan batu. Tidak hanya itu, masyarakat yang geram langsung mengincar jalur Dewa Ruci. Akibatnya, jalur tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah.
 
Kemudian, pihak panitia langsung mendamaikan kedua belah pihak yang bertikai. Ditambah dengan pihak korban, dalam hal ini masyarakat Sentajo Raya yang terkena lemparan batu.
 
Salahsatu isi poin perjanjian tersebut menyatakan bahwa jika ada terjadi persoalan di kemudian hari, maka akan diproses secara hukum. Kendati demikian, sepertinya masyarakat Inuman mengabaikan perjanjian damai tersebut.
 
"Ayo, kita jemput jalur kita. Ngapain kita di sini (Mapolsek) lagi," terdengar suara gaduh dari Cerenti ketika GoRiau.com menghubungi warga di sana.
 
Hingga berita ini diturunkan, warga masih melakukan perundingan dengan aparat kepolisian untuk mencegah rencana menjemput jalur ke Inuman tersebut. (R03/i)
 

Listrik Indonesia

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index