Kementerian ESDM Bangun PLTS di Desa Sokoi Pelalawan

Kementerian ESDM Bangun PLTS di Desa Sokoi Pelalawan
ilustrasi
PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Pelalawan akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Sokoi, Kecamatan Pangkalan Kuala Kampar. 
 
Pembangunan PLTS dianggarkan melalui dana anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 11 Milyar akan direalisasikan pada tahun 2017 mendatang.    
 
"Ya, pembangunan pembangkit listrik tenaga surya ini merupakan proyek dari pusat melalui Kementerian Eenergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia. Sedangkan pembangunan jaringan PLST yang akan direalisasikan pada tahun 2017 mendatang, setelah kita mengajukan proposal kepada Pemerintah pusat pada awal tahun 2016 lalu. Meski didalam proposal itu kita ajukan untuk pembangunan tiga unit PLTS, namun alhamdulillah pemerintah pusat mengabulkan satu dari tiga usulan pembangunan PLTS yang telah kita ajukan ini," ujar Kepala Distamben Kabupaten Pelalawan Nifto Anin SSos melalui Kepala Bidang (Kabid) Kelistrikan Distamben Kabupaten Pelalawan Jhon Naidi SSos, Kamis (1/9/2016) di Pangkalankerinci.
 
Lanjutnya, proyek dari Kementerian ESDM ini akan dimulai pada tahun 2017 mendatang. Dan pengerjaan proyek ini langsung di handle oleh Pemerintah pusat. Sedangkan Distamben Pelalawan kapasitasnya hanya membantu saja dalam pengawasan pembangunan nantinya.    
 
"Jadi kalau untuk lelang proyek PLTS dengan pagu anggaran sebesar Rp 11 Milyar, itu urusan pusat. Dan kita disini posisinya hanya sebanyai pemakai dan ikut membantu mengawasi pengerjaan pembangunannya saja. Dimana untuk proyek PLTS ini, kita hanya mengajukan proposal serta membuat RAB-nya saja. Sementara untuk masalah pelelangan, itu adalah urusan pusat," sebutnya. (R10)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index