Tingkatkan Produktivitas, 3.000 Ekor Sapi di Rohul Segera Diberi Inseminasi Buatan

Tingkatkan Produktivitas, 3.000 Ekor Sapi di Rohul Segera Diberi Inseminasi Buatan
Kasi Pengembangan Teknologi Peternakan Rohul,Doni S.Pt.
PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM)- Sepanjang 2016 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Perikanan dan Peternakan menargetkan  melakukan penyuntikan inseminasi buatan kepada  3.000 ekor sapi.
 
Penyuntikan inseminasi buatan kepada sapi betina itu telah dilakukan petugas peternakan di lapangan sejak bulan januari 2016 lalu. Hingga bulan Agustus 2016 petugas sudah melakukan penyuntikan inseminasi buatan ke hewan sapi mencapai 1.800 ekor. 
 
Petugas akan terus melakukan penyuntikan strhaw yang juga disebut dengan inseminasi buatan tersebut ke ternak sapi hingga akhir tahun 2016.
 
Penjelasan itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Rokan Hulu Drs Marjoko melalui Kasi Pengembangan Teknologi dan Sarana Prasarana Peternakan Doni,S.Pt kepada RiauSky.com terkait dengan pelaksanaan kegiatan inseminasi buatan terhadap ternak sapi di Rokan Hulu tahun 2016.
 
"Tahun 2016 ini, ada sebanyak 4.500 dosis strhaw atau inseminasi buatan yang disiapkan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Rohul. Inseminasi buatan itu, ditargetkan untuk dapat menyuntik sebanyak 3.000 ekor sapi. Petugas sedang bekerja dilapangan." Papar Doni menjelaskan.
 
Petugas melakukan penyuntikan inseminasi buatan dilapangan, berdasarkan permintaan dari petani ternak sapi yang tersebar di 16 kecamatan se Rokan Hulu.
 
Dijelaskan Doni, memang jumlah dosis strhaw tahun 2016  lebih banyak dari target sapi yang akan dilakukan penyuntikan. Hal ini dipengaruhi oleh tidak setiap suntikan ke sapi yang dilakukan oleh petugas itu berhasil. Kadang dilapangan, satu ekor sapi itu baru dapat berhasil membuahi mencapai dua hingga tiga kali suntikan. Ini berdasarkan sirkulasi kesuburan hewan sapi tersebut.(R19)
 
Kasi Pengembangan Teknologi Peternakan Rohul,Doni S.Pt.

Listrik Indonesia

#Rokan Hulu

Index

Berita Lainnya

Index