MAU TAHU...Kenapa Bungkus Daging Kurban Tak Boleh Pakai Kantong Plastik Bewarna Hitam?

MAU TAHU...Kenapa Bungkus Daging Kurban Tak Boleh Pakai Kantong Plastik Bewarna Hitam?
El Syabrina
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak)  mengimbau panitia kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik (kresek) saat pembagian daging kurban usai penyembelihan. 
 
Kepala Dstanak Pekanbaru El Syabrina mengingatkan, untuk hindari penggunaan kantong plastik warna hitam sebagai pembungkus, karena dikhawatirkan mengontaminasi daging kurban.
 
Kantong plastik warna hitam, jelasnya, diduga mengandung zat tertentu. Umumnya, kresek berwarna hitam merupakan hasil daur ulang limbah kimia plastik yang dapat bersifat karsinogenik dan merangsang tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.
 
"Pakailah kantong plastik yang aman digunakan, yakni jenis plastik foodgrade. Umumnya, berwarna jernih seperti plastik yang biasa untuk membungkus makanan berkuah," jelasnya.
 
Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Pekanbaru melakukan pendampingan ke setiap masjid dan musala ketika hewan kurban dipotong. 
 
Terutama, sambungnya, untuk melihat jeroan yang ada pada sapi atau kambing. 
 
"Kalau ditemukan jeroan yang mengandung penyakit berbahaya seperti cacing dan lainnya, akan kami larang untuk dikonsumsi," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index