Massa BEM UR Terus Blokir Jalan depan Polda Riau

Massa BEM UR Terus Blokir Jalan depan Polda Riau
Demo BEM UR
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dalam sehari dua kelompok massa mendemo Polda Riau terkait beredarnya foto sejumlah perwira Polda Riau kongkow-kongkow dengan bos PT Andika Pratama Sawit Lestari (APSL) yang viral di media sosial lalu ramai menjadi bahan pemberitaan media massa lokal dan nasional. 
 
Setelah pagi tadi, Senin (5/9/16) massa Himpunan Mahaiswa Islam (HMI) yang berdemo, sore ini giliran sekitar 400 aktifis Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau (BEM UR) yang mengepung Mapolda Riau.
 
Selain jumlah massa yang dikerahkan jauh lebih besar, aksi BEM UR juga tergolong lebih berani dalam memprotes prilaku sejumlah periwira tinggi Polda yang dianggap melukai perasaan masyarakat. 
 
Mereka tidak hanya berorasi, tetapi juga memblokir ruas jalan di depan Mapolda. Arus lalu-lintas lantas dialihkan ke Jalan Kartini dan keluar ke Jalan Gajahmada. 
 
Dalam pernyataan sikap yang disebut dibuat bersama sejumlah organisasi non pemerintahan, seperti Walhi, Jikalahari, Fitra Riau, LBH Pekanbaru dan Riau Reset Center tersebut, mereka menyuarakan tiga tuntutan. 
 
Pertama, mendesak Presiden Jokowi membentuk tim independen untuk menyelidiki dugaan kongkalingkong aparat Polda Riau dengan perusahaan yang menjadi sebab keluarnya SP3 untuk 15 perusahaan terduga pembakar lahan. 
 
Kedua, menuntut pemecatan terhadap sejumlah perwira tinggi Polda Riau yang kongkow-kongkow dengan bos PT APSL dan ketiga, menuntut pencopotan Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto sebagai pihak yang bertangugng jawab dan dianggap gagal membina personilnya. 
 
Juru runding Polda Riau sempat menemui pengunjuk rasa dan menawarkan perwakilan pendemo untuk bertemu dengan Wakapolda Riau Kombes Pol Suharsono, namun pendemo menolak dan meminta Kapolda langsung yang menemui mereka di tepi jalan. 
 
Sampai saat ini demo masih berlanjut dan ruas Jalan Jendral Sudirman di depan Mapolda masih ditutup mahasiswa. (R02/RT)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index