Penuh Luka Bekas Tombak, Gajah Betina Ini Tewas di Embung Air Arara Abadi

Penuh Luka Bekas Tombak, Gajah Betina Ini Tewas di Embung Air Arara Abadi
Proses otopsi yng dilakukan petugas dari BBKSDA Provinsi Riau. Foto: Riauterkini.
DURI (RIAUSKY.COM)- Seekor gajah liar betina ditemukan menjadi bangkai. Gajah tersebut mati di embung air HTI PT Arara Abadi di Kecamatan Pinggir, Bengkalis. 
 
Lokasi penemuan gajah mati ini diketahui berada di Distrik II Duri jalan Gajah Mada Kilometer 41, Desa Tasik Serai, Kecamatan Pinggir, Bengkalis. Dia tewas sebelum berhasil dievakuasi oleh Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Kamis, 8 September 2016.
 
Kepala seksi (Kasi) Wilayah III BBKSDA Riau, Hutajulu menjelaskan kondisi gajah betina itu saat ditemukan Selasa, 6 September 2016 lalu memang sudah kritis akibat banyak luka pada bagian tubuhnya. Bahkan saat proses evakuasi dilakukan menggunakan alat berat, hewan berbelalai tersebut juga masih enggan keluar dari embung air itu.
 
"Lukanya sangat dalam seperti ditombak oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Dugaan sementara, gajah tersebut tidak terperosok ke dalam embung air, melainkan sengaja berendam disana untuk mengompres tubuhnya yang telah infeksi parah," kisah Hutajulu seperti dilsnir dari riauterkini.
 
Bangkai gajah itu akhirnya baru bisa dievakuasi setelah tewas dan langsung dilakukan otopsi oleh tim medis BBKSDA Riau serta tim WWF Riau, Kamis, 8 September 2016 untuk mengambil sejumlah organ dalam tubuh gajah dan dikirim ke laboratorium untuk diuji.
 
" Organ tubuhnya sudah banyak yang rusak. Selesai diotopsi, bangkainya langsung dikubur juga di lokasi yang sama sekitar Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Arara Abadi.(R03/i)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index