Mencari Genset Terbaik untuk Rumah Anda

Mencari Genset Terbaik untuk Rumah Anda
Perseteruan antara Valentino Rossi dan Aleix Espargaro di Misano.

Generator listrik atau yang lebih dikenal dengan istilah genset adalah seperangkat alat yang mampu menghasilkan serta menyediakan daya listrik untuk beragam kebutuhan rumah tangga, rumah sakit, restoran, mall, serta industri juga untuk perkantoran bisnis. Daya listrik yang dihasilkan merupakan akibat dari perubahan energi mekanik menjadi energi mekanik menjadi energi listrik oleh proses induksi elektromagnetik.

Seringnya terjadi pemadaman listrik mengakibatkan sejumlah orang untuk berinisiatif menyediakan produk ini dirumah sebagai upaya bila terjadi pemadaman listrik. Memiliki genset dirumah sangatlah penting, terutama untuk genset stanby yang menyala secara langsung bila listrik padam. Pemadaman listrik yang terjadi secara tiba-tiba dapat mengakibatkan kerusakan bagi elektronik. Selain itu dengan adanya genset kita tidak perlu takut kekurangan listrik bila sedang mengadakan hajatan besar maupun kecil.

Jika anda masih belum memiliki genset untuk rumah anda, saya sarankan untuk memasukkannya pada daftar belanja anda. Namun, sebelum membeli ada baiknya anda  membaca beberapa tips berikut untuk mendapatkan genset terbaik.

Lihat kondisi keuangan anda

Masalah harga meskipun terkadang sepele tapi inilah poin penting yang harus diperhitungkan. Usahakan untuk membeli produk semurah mungkin dengan kualitas sebaik mungkin. Genset memiliki beberapa jenis diantaranya stanby genset, portable genset, silent genset, serta open genset. Semakin banyak fitur tambahan maka harga genset juga menjadi semakin mahal. Jadi tentukan terlebih dahulu budget maksimum yang anda miliki demi mendapatkan genset terbaik selevel kantong anda.

Output daya listrik

Pertimbangkanlah daya listrik yang anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan listrik anda. Sebaiknya belilah produk genset dengan output rata-rata melebihi kebutuhan daya listrik rumah anda. Jika tidak, anda harus memaksimalkan penggunaan daya listrik anda. Pertimbangkanlah penggunaan alat elektronik, alat dapur, serta lampu yang harus digunakan meskipun padam listrik. Baca juga: PLN Tembilahan Mulai Pembangunan Jaringan Listrik

Hitunglah kira-kira berapa daya listrik yang perlu anda pasok untuk memenuhi kebutuhan listrik anda ketika padam listrik. Sehingga anda dapat meminimalisir output daya listrik genset yang anda butuhkan.

Cek bahan bakar genset

Genset memiliki beberapa jenis bahan bakar seperti solar, oli, bensin, serta campuran. Pastikan anda mengetahui bahan bakar genset pilihan anda, pilihlah bahan bakar yang hemat, murah, serta mudah memperolehnya.

Garansi yang ditawarkan

Penting halnya kita mengetahui jangka garansi dari produk yang ingin kita beli. Beberapa sumber menyatakan apabila jangka waktu garansi dapat dijadikan patokan umur produk untuk mampu bekerja secara maksimal. Secara tidak langsung garansi dapat dijadikan patokan mengukur kualitas produk selain itu adanya garansi memudahkan kita dalam memperbaiki kembali produk bila terjadi kerusakan saat pemakaian. Garansi juga menunjukkan kelegalan dan keamanan produk beredar di pasaran. Usahakan memilih produk dengan garansi sebaik dan selama mungkin.

Merk genset

Belilah produk dari merk yang terpercaya, terkemuka, dan kepastian beredaran produk. Percaya atau tidak, merk memberikan akomodasi penting sebagai bahan pertimbangan dalam membeli produk. Harga beragam genset seperti genset mini dan kualitas dari merk terkemuka tentu lebih terjamin kualitasnya. Pastikan pula merk produk genset tersebut sesuai dengan iklim an kondisi tempat tinggal kita.

Pelayanan toko

Pelayanan toko yang baik akan memudahkan kita dalam menetukan pilihan dalam memilih genset terbaik diantara yang terbaik. Kita akan mendapatkan info dari penuturan pelayan akan beberapa produk pilihan genset, baik kekurangan maupun kelebihannya.

Berikut beberapa merk genset yang dapat anda jadikan rekomendasi anda dalam membeli genset terbaik, yaitu: Genset Perkins, genset Deutz, genset Cummins, genset Yanmar, genset Honda, genset Yamaha, genset Krisbow, dan masih banyak lagi.

 
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index