Gubri Shalat Idul Adha di Selatpanjang

Gubri Shalat Idul Adha di Selatpanjang
SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman didampingi Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim berkesempatan melaksanakan Sholat Idul Adha 1437 Hijriah/2016 Masehi berjamaah bersama masyarakat Meranti, bertempat di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Jalan Dorak Selatpanjang, Senin (12/9/2016) pagi.
 
Selain menggelar Sholat Ied berjamaah, pada kesempatan itu Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman dan rombongan juga menyerahkan hewan qurban berupa dua ekor sapi sekaligus menyaksikan langsung pemotongan hewan Qurban di Masjid Muawanah Jalan Dorak, Selatpanjang.
 
Bertindak sebagai Imam Sholat Idul Adha 1437 H dihalaman kantor Bupati, H. Sofyan Siraj Lc MA dan Imam H. Ramli Husein.
 
Turut serta dalam rombongan Asisten I Sekdaprov Riau H. Ahmadsyahrofie bersama sejumlah pejabat Eselon II, III dan IV dilingkungan Pemprov Riau, Sekdakab Meranti Drs H Iqaruddin, Mantan Wakil Bupati H Masrul Kasmi, Ketua DPRD Meranti Pauzi Hasan, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Barliansyah, dan sejumlah instansi terkait lainnya serta ratusan warga yang mengikuti Sholat Ied berjamaah.
 
Dalam sambutannya, Gubernur Riau mengucapkan selamat Idul Adha 1437 Hijriah, mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh maayarakat Riau. "Saya ucapkan selamat Idul Adha 1437 Hijriah mohon maaf lahir bathin kepada seluruh masyarakat Riau khususnya Kabupaten Meranti," ujarnya.
 
Gubernur juga menyerahkan hewan qurban yang diterima oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim untuk diserahkan kepada panitia qurban Masjid Al-Muawanah Jalan Dorak Selatpanjang. "Dan kami juga menyerahkan hewan Qurban dalam rangka berbagi dengan masyarakat Meranti, meski tidak semua bisa terbantu yang terpenting bagaimana kita dapat mengambil hikmahnya dengan senantiasa mematuhi segala perintah allah," tambahnya.
 
Ditambahkan Gubernur, kedatangannya bukan semata-mata untuk melaksanakan Sholat Ied tetapi juga dalam rangka berkoordinasi dengan Pemkab Meranti, untuk memberikan dukungan terhadap program pembangunan merangkai pulau yang sedang digesa Pemkab Meranti, dalam rangka membuka akses baik menuju Sumatera maupun Kepulauan Riau.
 
Untuk mendukung hal itu, Pemprov Riau telah menganggarkan dana total 349 Miliar berupa bantuan keuangan dan biaya langsung. Dan salah satu yang menjadi fokus adalah penyelesaian jalan dari Selatpanjang Kampung Balak yang membutuhkan biaya besar karena kondisi tanahnya yang dinilai berat. 
 
Saat ini dari laporan Wakil Bupati kepada Gubri, pembangunan jalan Kampung Balak tengah dalam proses tender. Diharapkan proyek itu dapat segera selesai dan jalan tersebut dapat dilalui kendaraan sehingga berbagai komoditi dari Meranti dapat didistribusikan dengan lancar.
 
Selain itu untuk mendukung program merangkai Pulau di Meranti, Pemprov Riau juga mengupayakan dana APBN untuk pembangunan RORO Pulau Padang-Bangkalis. 
 
Selain untuk pembangunan infrastruktur jalan, seperti dikatakan Gubernur, Pemprov Riau juga menganggarkan anggaran untuk mendukung potensi pertanian dan perkebunan, yang didalamnya terdapat program pengembangan potensi Sagu Meranti. "Kita juga telah menganggarkan dana untuk mengembangkan potensi Sagu di Meranti mulai dari untuk sosialisasi, perkebunan hingga pemasaran," jelas Gubri.
 
Lebih jauh dijelaskan Gubri, dalam rangka mendukung pengembangan potensi Sagu Meranti, Pemprov Riau terus menggaungkan ditingkat pusat untuk menjadikannya makanan pengganti selain beras, karena dinilai lebih sehat dan tinggi kalori. "Kita akan terus mendorong potensi Sagu ini, tercatat 80 persen Sagu Meranti belum ada nilai tambahnya di Riau, lebih banyak diekspor keluar daerah. Kami mengupayakan dana Pusat melalui Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk mengembalikan komoditi Sagu ini, sehingga dapat terus ditanam dan produksinya terus meningkat. Ini yang harus kita fikirkan bersama agar ada nilai tambah sagu Meranti," ungkapnya.
 
Upaya sosialisasi sagu diakui Gubri terus dilakukan Pemprov Riau, dan kedepan melalui pameran penciptaan ratusan menu olahan sagu yang akan digelar di Pekanbaru pada bulan Desember 2016 mendatang, disitu akan diundang pihak-pihak baik dalam maupun luar negeri dalam rangka promosi sagu secara Nasional maupun Internasional. Dan di Pekanbaru sendiri dikatan Gubernur makanan olahan sagu Meranti sudah tak asing lagi karena telah banyak dijual diberbagai restoran.
 
Tercatat saat ini produksi sagu Meranti telah mndekati 1 juta Ton, diharapkan dengan dukungan dari Provinsi Riau dan Pusat melalui Badan BRG, potensi sagu Meranti ini terus berkembang yang berujung pada peningkatan taraf ekonomi masyarakat.
 
Demi suksesnya program pembangunan di Meranti, Gubernur Riau, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas daerah, agar investasi yang masuk dari Pusat, dan Provinsi meningkat terus dan berjalan lancar. "Mari terus jaga kondusifitas daerah kita karena masih banyak yang perlu kita bangun," ujarnya lagi.
 
Pada kedatangan Gubernur kali ini, Ia menilai kehidupan masyarakat mulai terjadi peningkatan, hal itu dibuktikan dengan menyaksikan langsung geliat ekonomi masyarakat dimalam hari, rumah makan dan mini market sudah mulai bertebaran di Kota Selatpanjang. "Dari kedatangan kami saat Ramadhan lalu kehidupan ekonomi masyarakat terus tumbuh dan membaik, rumah makan dan mini market telah banyak dibuka," paparnya.
 
Sementara itu, Wakil Bupati H. Said Hasyim mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau yang telah hadir di Meranti untuk merayakan Idul Adha, atas nama masyarakat dirinya merasa senang dan berharap semoga terjalin hubungan yang semakin baik antara Aparatur Pemda Meranti dengan Pemprov Riau, Pemprov Riau dengan masyarakat Meranti. Dan yang terpenting porsi APBD Riau untuk mendukung pembangunan di Meranti dapat meningkat.
 
"Kita harapkan Pemprov Riau juga dapat memberikan perhatian yang lebih untuk Meranti, karena sebagai Kabupaten termuda, masih banyak ketertinggalan dari Kabupaten lain yang lebih dulu terbentuk," jelas Said Hasyim.
 
Dukungan yang diharapkan, yakni pembangunan infrastruktur untuk membuka isolasi Tol Laut Riau dan Riau Kepulauan. Seperti dari Meranti ke Tanjung Balai Karimun, sesuai dengan program Nawacita Presiden Jokowi. "Dengan kehadiran Gubernur ini diharapkan berbagai program strategis itu dapat segera diwujudkan selain itu kita juga butuh bantuan pendidikan dan kesehatan," papar Wabup.
 
"Kita juga minta kedepan kuncuran dana dari Provinsi untuk Meranti lebih besar lagi untuk membangun pulau Tebingtinggi, Pulau Ransang, dan pulau lainnya yang masih jauh tertinggal," harapnya mengakhiri.(R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index