Wakil Bupati Said Hasyim Buka MTQ Kepulauan Meranti 2016

Wakil Bupati Said Hasyim Buka MTQ Kepulauan Meranti 2016
SELATPANJANG(RIAUSKY.COM) - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim membuka secara resmi Musabaqoh Tilawati Qur'an (MTQ) Ke-VIII Kabupaten Kepulauan Meranti, kegiatan lomba baca Al-Quran yang diikuti oleh 278 peserta dari 9 Kecamatan itu, dipusatkan dihalaman Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Meranti, Jalan Dorak, Selatpanjang, Sabtu, 17 September 2016 malam.
 
Diawali dengan Devile Khafilah perwakilan tiap Kecamatan Se-Kabupaten Kepulauan Meranti yang dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir dari tuan rumah Camat Tebing Tinggi Drs. Asrorudin MSi kepada Wakil Bupati H. Said Hasyim dan pemukulan beduk oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim bersama Ketua DPRD Kabupaten Meranti yang diikuti Forkopimda Kabupaten Meranti.
Turut hadir dalam pelantikan itu, Kaban Penanaman Modal Provinsi Riau Ismail Fauzi, Sekdakab  Meranti H. Iqaruddin, Ketua DPRD Meranti beserta  anggota, Ketua LPTQ Meranti, Danramil, Perwakilan Kapolres, Kajari, Asisten Sekdakab. Meranti, Hj. Jahlelawati, Ketua MUI, Kepala Dinas/Badan/Bagian dilingkungan Pemkab. Meranti, Camat Tebing Tinggi Asrorudin serta Camat lainnya, Tokoh Masyarakat/Agama/Adat, para Official, Utusan Khafilah serta tamu lainnya.
 
Gubernur Riau dalam hal ini diwakili Kepala Badan Penaman Modal Pemerintah Provinsi Riau H. Ismail Fauzi mengungkapkan, melalui MTQ Ke-VIII Kabupaten Meranti sebagai media dakwah mengajak masyarakat membaca, memahami dan mengamalkan Al-Quran dan meningkatkan Silaturahmi sekaligus sebagai modal menciptakan maayarakat madani yang dicita-citakan, mengubah mental masyarakat kearah yang lebih baik sesuai ajaran islam. Selain itu untuk meningkatkan prestasi Qori dan Qoriah Meranti diajang yang lebih tinggi.
 
"Kegiatan ini sekaligus untuk menjaring Qori dan Qoriah terbaik Meranti dalam rangka meningkatkan prestasi mulai ajang Provinsi, Nasional hingga Internasional. Sekedar informasi dalam ajang MTQ Tingkat Provinsi di Rohul dan di Siak beberapa waktu lalu, Kabupaten Meranti berhasil menduduki peringkat II dan pada MTQ Nasional di Mataram dari 9 wakili Meranti berhasil menyumbangkan 1 Medali emas dan 1 perak.
 
Senada dengan Gubernur Riau, Wabup H. Said Hasyim berharap melalui ajang MTQ kali ini menjadi ajang intropeksi diri dalam upaya meningkatkan prestasi Qori dan Qoriah Kabupaten Meranti.
 
"Harapan kita pada MTQ Provinsi Riau mendatang kita dapat meraih juara umum, untuk itu perlu intropeksi diri dimana letak kelemahan dan kelebihan, dengan sering latihan dengan  kerjasama yang serius apa yang dicita-citakan dapat diraih,"ujarnya.
 
Selain meningkatkan prestasi tujuan utama MTQ Meranti ini seperti dikatakan H. Said Hasyim yakni, untuk membumikan Al-Quran agar seluruh masyarakat Meranti bisa mengaji, memahami dan mengamalkannya sebagai tanggung jawab bersama. "Selesai MTQ ini, menjadi momentum awal menggaungkan, memahami dan mengamalkan Al-Quran mulai sejak dini, agar Meranti menjadi negeri yang di Ridhoi Allah," paparnya.
 
"Semoga Meranti menjadi negeri yang Madani penuh berkah, mari kita bersama-sama bekerja keras mensosialisasikan pentingnya mengamalkan Al-Quran," paparnya lagi.
 
Dalam kesempatan yang sama, Ketua pelaksana H. Alizar  melalui MTQ Kabupaten Kepulauan Meranti Ke-VIII ini, dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat akan fungsi Al-Quran sebagai landasan dan pedoman hidup umat Islam dan mengkaji ilmu pengetahuan di alam semesta, sekaligus mempererat silaturahmi dan membangkitkan rasa cinta kepada Al-Quran.
 
"Moment  ini sebagai media sosialisasi dalam upaya meningkatkan membaca, memahami dan mengamalkan Al -Quran secara cepat dan benar untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan yang tak kalah penting membangkitkan kecintaan generasi muda terhadap membaca Al-Quran mulai dari Kota hingga kepelosok Desa," ujar H. Alizar senada dengan Kakan Kemenag Kabupaten Meranti H. Miskam Selamat.
 
Diinformasikan juga adapun Cabang yang diperlombakan seperti dikatakan Asisten I Sekdakab. Meranti H. Alizar  yakni  Cabang Tilawatil Quran, Tilawah anak, remaja, dewasa, Tartil Quran, Qira'ah, Ifzil Al-Quran, Tafsir Quran, Qhatil Quran, Fahmil Quran, Syahril Quran, Musabaqah dan kandungan Al-Quran.(R16)

Listrik Indonesia

#Kepulauan Meranti

Index

Berita Lainnya

Index