Hoorreee.....Petani di Pekanbaru Akan terima Bantuan Bibit Cabe dan Bawang dari Disnaktan

Hoorreee.....Petani di Pekanbaru Akan terima Bantuan Bibit Cabe dan Bawang dari Disnaktan
PEKANBARU(RIAUSKY.COM)- Untuk mendorong para petani agar menanam cabai merah dan bawang merah Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, akan membantu bibit cabai merah dan bawang merah bagi petani. 
"Ini dana yang kami usulkan ke pusat melalui Kementerian Pertanian tahun 2015 ini," ungkap Kadistanak Pekanbaru, El Syabrina, Senin (12/10). Menurut El bantuan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) ini sudah disetujui dan segera digelontorkan. 
 
"Nilainya sekitar Rp75 juta perhektare untuk total luasan tanaman cabai merah dan bawang merah 10 hektare," urai El. 
 
El menilai upaya mendorong pertanian cabai merah dan bawang merah dipetani Pekanbaru dilakukan untuk menambah ketersediaan kedua komoditas ini di pasaran lokal.
 
Selama ini cabai dan bawang merah yang beredar di pasar tradisional Pekanbaru itu berasal dari luar provinsi Riau seperti Jawa, untuk bawang, Sumbar dan Medan. Sehingga tidak jarang kedua kebutuhan pokok yang permintaannya tinggi di Pekanbaru berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Riau sering menjadi pemicu inflasi saat pasokannya mulai terganggu.
 
"Makanya dengan adanya upaya pengembangan lahan cabai dan bawang di Pekanbaru, setidaknya diharapkan bisa jadi bufer stok saat pasokan terganggu," urai El. Berbicara luasan lahan yang akan dikembangkan terang El lagi direncanakan bertahap tiap tahun. Pihaknya bahkan merencanakan akan terus menambah luasan tiap tahunnya. Sehingga Pekanbaru tidak perlu tergantung 100 persen pada pasokan sentra penghasil.(***)
 
 
 
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index