Dampingi BPSDM KP, Andi Ingin Rohil Miliki Sarana Industri Hilir Perikanan

Dampingi BPSDM KP, Andi Ingin Rohil Miliki Sarana Industri Hilir Perikanan
Gubri Bersama Deputi Kementrian Kelautan & Perikanan RI Tinjau Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM)– Gubernur Riau Arsyadjuliandy Rachman berkunjung ke Bagansiapiaapi Rokan Hilir. Gubri mendampingi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP),  Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rifki Hardiyantoterkait rencana pengembangan sarana pendidikan pengembangan potensi perikanan.

Saat ke Kabupaten Rokan hilir (Rohil), rombongan gubernur disambut Wakil Bupati Rokan Hilir di mess pemda,  dihadiri  Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Tien Mestina dan seluruh Kepala Dinas Rohil.

Tujuan kedatangan Gubenur Riau (Gubri) untuk melihat sejauh mana potensi dan perkembangan bidang perikanan yang ada di Rokan Hilir.

Gubri sempat di ajak oleh Wakil Bupati Jamilludin ke lokasi pembangunan gedung SPN di daerah Batu Enam. Sepanjang perjalanan Gubri sempat melihat lihat tepi laut, dari gedung SPN ke lokasi Tempat Penampungan Ikan (TPI) yang berada di pinggir Sungai Rokan Kelurahan Bagan Barat.

Sesampai di TPI Gubri beserta rombongan BPSDM  KP, didampingi wakil Bupati Rohil bertemu nelayan lokal dan memperlihatkan aset-aset usaha nelayan dan potensi yang ada di Rokan Hilir.

“Sebelum saya kunjungan kerja ke Rohil, saya sempat singgah kunjungan kerja ke kota Dumai, Beliau Kepala BPSDM KP tertarik pada Bagansiapiapi karena kota bersejarah “ ungkap Gubri Andi Rahman.

Gubri  Andi Rahman mengungkapkan, dari yang mereka lihat itu hanyalah sebagian kecil yang ada ada di Rohil. Dia meyakini didaerah lainnya yang ada di Rohil juga masih didapati hal yang sama dan perlu perhatian bersama untuk mendorongnya ke arah yang lebih berkembang, khususnya untuk aktivitas nelayan.

Untuk itu dia meminta agar sinergi antara nelayan, pedagang, Pemkab, Pemprov serta KKP untuk bersama memajukan sektor perikanan, mengingat Bagansiapiapi adalah daerah bersejarah terhadap upaya penangkapan ikan dari sektor kelautan.

''Kita lihat Dumai, sekarang berkembang kawasan industrinya dan sekarang malah susah mencari lahan untuk dikembangkan. Provinsi hanya membuka jalan, memfasilitasi pengembangan industri berbasis lokal, termasuk potensi perikanan seperti halnya di Rokan Hilir. Kita berharap dengan ini, industri hilir bisa berkembang,'' kata Andi.

Andi sendiri berharap di Rohil bisa dikembangkan indistri hilir yang berkaitan dengan pengembangan potensi perikanan.

Kepala BPSDM KP, Suseno Sukoyono mengatakan kedatangannya ke Rokan Hilir adalah bagian dari rencana pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan. Membangun tentu akan sangat tergantung sumber daya manusianya. Jadi saya ke Rohil bagian yang untuk melihat orangnya, apakah memungkinkan disini kita selenggarakan kegiatan pelatihan dan pendidikan sektor perikanan agar hasilnya lebih baik,'' ujarnya. (R15)

Listrik Indonesia

#Rokan Hilir Bagansiapiapi

Index

Berita Lainnya

Index