Jelang Perayaan HUT Kabupaten Siak ke-17

Ratusan Anak SD-MI Ikuti Lomba Kesenian Kompang

Ratusan Anak SD-MI Ikuti Lomba Kesenian Kompang
Ratusan anak-anak Sekolah SD/MI mengikuti perlombaan musik kompang dalam rangka HUT Kabupaten Siak ke 17

SIAK SRI INDRAPURA (RIAUSKY.COM) - Ratusan anak-anak Sekolah SD/MI mengikuti perlombaan musik kompang dalam rangka HUT Kabupaten Siak ke 17 yang bertempat di gedung Lembaga Adat Melayu Siak 29/09/2016.

Seni musik kompang merupakan kesenian khas Melayu Siak yang patut dipertahankan sehingga tidak tergerus oleh kemajuan zaman, sehingga perlu adanya pelestarian.

Perlombaan seni musik kompang yang diikuti oleh siswa Tingkat Dasar SD/MI Sekabupaten Siak ini merupakan sebuah komitmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam mengenalkan seni budaya musik kompang ke kalangan generasi penerus bangsa.

Seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini disampaikan oleh H Said Muzani SH selaku Kasi Kebudayaan bahwasanya kerja sama antara guru-guru dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk melestarikan budaya musik kompang harus tetap terjalin.

Diharapkan kepada guru-guru agar nantinya kelompok pendidikan seni kompang ini bisa dilanjutkan dan diadakan extra kulikuler di Sekolah.

"Semangat dan cintai lah kompang, inilah khazanah peninggalan nenek moyang kita, dan tetap lestarikan hingga ahir zaman nanti" harapnya

Dari pantauan dilapangan, para Siswa sangat mahir dalam menampilkan atraksi seni kompangnya, dengan begitu kompak memainkan alat musik tradisional tersebut, walaupun mereka masih anak- anak namun sudah seperti orang dewasa dalam memainkan kompang, tentu hal ini berkat usaha dari guru-guru dalam membimbing saat latihan. (R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index