Meriahkan 1 Muharam 1438 H

Ribuan Orang Saksikan Tadharus dan Khatam Alquran di Langgam

Ribuan Orang Saksikan Tadharus dan Khatam Alquran di Langgam
peserta tadarus dan khatam alquran
LANGGAM (RIAUSKY.COM) - Peringatan Tahun baru Islam 1 Muharram 1438 H di Kecamatan Langgam berlangsung dalam nuansa kekeluargaan. Berbagai kegiatan bernuansa religi Islam tersaji begitu terasa menyengat menusuk sanubaru hati. 
 
Tua muda ikut melibatkan diri mensukseskan hajatan 1 Muharam 1438 H. Kegiatan sendiri dipusatkan di Balai Anjungan Ranah Tanjung Bunga Langam, dan disaksikan ribuan pasang mata, sejumlah tokoh pemerintahan, tokoh adat, tokoh agama, cendikiawan muslim, turut larut mengikuti hajatan kecamatan ini sampai usai.
 
Adalah acara menyabut datang tahun baru Islam ini diisi dengan Tadharus dan Khatam Alquran di balai anjungan langgam.
 
"Ya, acara ini dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharam1438 H. Dimulai dengan prosesi arak-arakan para peserta Tadharus dan Khatam Alquran dari Masjid Raya Nurul Islam Kelurahan Langgam menuju Balai Anjungan Ranah Tanjung Bunga. Arak-arakan sendiri dimulai setelah Sholat Azhar, selain berserta, ribuan masyarakat menjadi saksi helatan ini digelar," ungkap Ketua Panitia.H. Afrizal didampingi Koordinator Acara Ustadz Fadli dan Koordinator Lapangan Nurzepri kepada media.
 
Dikatakanya, jumlah peserta Thadarus diikuti 50 orang santri dan pelajar dan khusus Khatam Alquran diikuti oleh 12 org santri yang berasal dari 4 TPA sekecamatan. Thadarus dan Khatam Alquran berakhir pukul 5.15 wib.
 
Peserta tadarus dan khatam alquran
 
"Kegiatan peringatan 1 Muharam ditandai dengan membunyikan serine tepat pukul 18.06 wib dan dilanjutkan dengan azhan Maghrib, dan Sholat Maghrib bersama dilapangan Balai Anjungan Ranah Tanjung Bunga Langgam,"tuturnya.
 
Camat Langgam Sugeng Wiharyadi, saat dikonfirmasi media ini mengatakan sekaligus mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momen 1 Muharam 1438 H ini sebagai intropeksi diri dalam meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.
 
"Sebagai kepala pemerintahan di tingkat kecamatan tentu berharap kiranya kita semua diawal tahun baru islam ini instropeksi diri, mengingat kembali apa-apa yang sudah kita lakukan, seandainya apa yang dilakukan masih jauh dari kebaikan marilah kita mulai mencoba untuk berbuat kebaikan dan berfikir untuk menjadi yang terbaik. Saat ini hanya ada du kata awal yani berhenti dan memulai," pintanya.
 
Ia juga mengajak untuk berhenti memikirkan kesalahan dan kejelekan orang lain, alangkah baiknya memulai untuk berfikir agar berguna untuk orang lain dan menjadi yang terbaik. Ini juga diharapkan Bupati Pelalawan HM Harris yang mengajak masyarakat untuk merobah pola pikir masyarakat (menset)
 
Acara peringatan I Muharam 1438 H ditutup dengan  tausiah oleh ustadz Bonda dari Pekanbaru, yang dilanjutkan dengan muhasabah dan zikir serta doa.
 
"Dalam tausiahnya ustadz Bondan menguraikan perlunya kita meninggalkan sifat-sifat antara lain, sombong, iri dengki, sifat kebinatangan dan sifat kekanak kanakan Acara diakhir dengan sholat Isya bersama,"tutup Sugeng Wiharyadi, kegiatan ini juga dalam rangka mensukseskan Program Magrib mengaji. (R11)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index