Kontrak Segera Habis, Blok Rokan Bakal Dikelola BUMD?

Kontrak Segera Habis, Blok Rokan Bakal Dikelola BUMD?
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Provinsi Riau terus berbenah dalam pengelolaan potensi sumberdaya alam. Seperti pengelolaan Blok Rokan yang akan berakhir beberapa tahun mendatang.
 
Untuk memaksimalkan potensi tersebut daerah dituntut untuk melakukan beragam persiapan. Dalam hal ini Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memiliki core bisnis sejenis diharapkan dapat memanfaatkan peluang tersebut.
 
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Setdaprov Riau, Masperi mengatakan peluangnya tentu ada untuk BUMD.
 
"Peluang ada, karena informasi saat ini PT Riau Petroleum menyanggupi untuk mengelola sisa minyak di Blok Rokan. Kalau mereka tidak sanggup kami akan judgement, bisa saja dikelola oleh pihak lain," tuturnya.
 
Dalam penerapannya, BUMD juga diberikan warning untuk dapat mempersiapkan diri. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Riau bisa saja menyerahkan sisa ladang minyak yang berada di blok Rokan untuk dikelola pihak lain, jika BUMD tidak memiliki kemampuan untuk mengelola SDA tersebut.
 
Menurutnya, PT Riau Peroleum harus dapat mempersiapkan diri. Karena blog tersebut akan habis kontrak dengan PT Chevron pada tahun 2021 mendatang.
 
"Peluang ini harus menjadi momentum bagi PT Riau Petroleum untuk mengembangkan core bisnisnya. Pada dasarnya pemerintah saja melimpahkan pengelolaan ini kepada pihak lain, mengingat potensi Migas di blok Rokan masih dianggap cukup sebagai pendapatan daerah," tegasnya. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index