Kejar WTP

BPKAD Optimis Tahun Ini Persoalan Aset Tuntas

BPKAD Optimis Tahun Ini Persoalan Aset Tuntas

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pemko Pekanbaru menyadari persoalaan pendataan aset masih menjadi pekerjaan rumah. Namun, berkat kerja keras dari Tim Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pekanbaru di bawah kepemimpinan Kaban PKAD, Musa, persoalan tersebut mulai bisa diatasi.

Pasalnya, dua dari tiga SKPD yang bermasalah dalam pencatatan aset telah bisa menyelesaikan inventarisasi asetnya. Melihat kondisi tersebut, Kepala BPKAD Pekanbaru optimis akhir tahun ini persoalan Aset sudah terdata secara keseluruhan.

''Dari seluruh satker, memang sebelumnya ada tiga satker yang sulit dalam inventarisasi aset. Seperti Dinas Pendidikan, Sekretariat Pemko Pekanbaru dan Dinas Kesehatan. Namun sekarang tinggal Dinas Pendidikan saja yang belum menyelesaikan inventarisasi asetnya. Insyallah, akhir tahun seluruh pendatan aset bisa tuntas,'' jelas Musa.

Diterangkan Musa juga, salah satu hambatan besar Pemko Pekanbaru mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) adalah persoalan aset. Pasalnya, tidak sedikit aset yang belum terdata secara detil di masing-masing satker hingga program Kartu Inventaris Barang (KIB).

Untuk itu, kedepannya, Pemerintah Kota Pekanbaru akan menerapkan sistem pemerintah berbasiskan Akrual yang bisa mencatat dengan jelas aset yang ada pada masing-masing satker. Dimana seluruh kegiatan di pemerintahan ini terkoneksi langsung dengan komputerisasi menggunakan SIPKD (Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah). (R04)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index