APRIL Buka Ruang Pengaduan Keluhan Publik

APRIL Buka Ruang Pengaduan Keluhan Publik

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Saat ini, perusahaan mulai  mensosialisasikan Prosedur Penyelesaian Keluhan yang dikelola secara tepat waktu dan transparan dan melibatkan para penilai dan penyelidik independen.

Direktur PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Rudi Fajar mengatakan tujuan APRIL Grup membuat Prosedur Penyelesaian Keluhan ini untuk memastikan masyarakat setempat dan para pemangku kepentingan memahami proses terkait isu-isu dengan perusahaan.

Prosedur Penyelesaian Keluhan dibuat bagaimana APRIL menangangi keluhan dari pihak eksternal tentang penerapan SFMP 2.O, termasuk dari individu, organisasi pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

“Tentunya, APRIL akan prorioritaskan dengan berdialog bersama, karena setiap penanganan keluhan harus diputuskan atau diselesaikan secara efisien, tepat waktu dan layak, melalui proses yang adil dan transparan untuk mencapai kesepakatan bersama antara para pihak,” jelas Rudi.

Dalam mengelola keluhan dari pihak eksternal, APRIL membentuk empat tim, diantaranya Unit Pengolahan Keluhan (GPU) yang akan mengkoordinasikan tugas yang diperlukan untuk keberhasilan pelaksanaan Prosedur Penyelesaian Keluhan, termasuk dengan pihak eksternal yang mengajukan keluhan.

Kemudian terdapat Komite Keluhan yang bertanggung jawab untuk menyetujui Rencana Aksi yang dirancang untuk memecahkan atau menyelesaikan keluhan yang terkonfirmasi. Tim ketiga yaitu Tim Verifikasi yang bertanggung jawab untuk menyelidiki keluhan dan mengumpulkan informasi untuk mengkonfirmasi keabsahannya, terdiri dari ahli teknis dari APRIL, konsultan atau penyedia jasa pihak ketiga independen.

“Prosedur pengaduan sendiri dapat disampaikan melalui website www.sustainability.aprilasia.com/category/raise-a-grievance. Dengan cara mendownload formulir keluhan," ujar Rudi.

Rudi melanjutkan pihak yang menyampaikan keluhan harus memberikan informasi seperti nama lengkap, nama organisasi, alamat, nomor telepon, alamat email, deskripsi keluhan secara rinci dan bukti yang mendukung keluhan tersebut. Kemudian, formulir tersebut dapat dikiriman ke [email protected].

Hal tersebut menurut Rudi merupakan keterbukaan APRIL dengan public serta kepedulian perusahaan dengan lingkungan sekitar. Sebab, APRIL tidak ingin berkembang sendirian, tetapi juga dengan masyarakat daerah sekitarnya.  Ia menambahkan ketika perusahaan  beroperasi, banyak manfaat yang diraih masyarakat (community), negara (country), iklim (climate) dan perusahaan (company).(R07/adv)
 

Listrik Indonesia

#RAPP

Index

Berita Lainnya

Index