Gubri Buka Festival Siak Bermadah Kabupaten Siak ke-14

Gubri  Buka Festival Siak Bermadah  Kabupaten  Siak ke-14
Gubri memainkan salah satu aslat musik khas melayu yang ditampilkan pada gelaran Siak Bermadah.

Gubri  Buka Festival Siak Bermadah  Kab Siak ke 14

SIAK (RIAUSKY.COM)- Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rahman secara resmi membuka iven Festival Siak Bermadah Ke 14 Tahun 2016 bertempat di halaman belakang Gedung Lembaga Adat Melayu Siak Senin 10 Oktober 2016.

Guna melestarikan seni Budaya Melayu,Kabupaten Siak kembali menggelar Festival Siak Bermadah ke 14 ditahun 2016 dengan tujuan guna melestarikan budaya bangsa terutama kebudayaan melayu yang ada di Provinsi Riau ini.

Sebagai konsistensi Festival Siak Bermadah juga merupakan kerangka pembangunan kepariwisataan yang dilakukan melalui penerapan nilai dan seni budaya.hal tersebut yang dikatakan oleh Hendrisan selaku Panitia pelaksana serta juga sebagai Kepala Dinas Pariwisata,Pemuda dan Olahraga  Hendrisan S.Sos. MS,i

Hedrisan juga mengatakan, Selain itu,konsistensi Festival Siak Bermadah ke 14 di Kabupaten Siak ini,juga merupakan sebagai kerangka pembangunan kepariwisataan memiliki peran yang sangat penting untuk pariwisata.terutama terhadap penerapan nilai seni budaya lokal yang ada hingga saat ini serta juga sebagai bagian dari peningkatan terhadap  Pariwisata di Kabupaten Siak.

Sebagai mana yang menjadi tajuk tahun ini yakni adat dijunjujung budaya disanjung kata Hendrisan,malam Festival Siak Bermadah ini ditandai dengan keikut sertaan Festival Siak Bermadah internasional dengan berbagai lomba yang akan ditampil kan.

Partisipasi Festival Siak Bermadah  Internasional menunjukan adanya peningkatan dari tahun sebelumnya, yaitu dengan di ikuti dari negara Thailand sebanyak 26 orang peserta,dari Negara Singapura sebanyak 9 orang Peserta, Negara Malaysia 4 orang peserta dan dari  Negri 9 sebanyak 6 orang Peserta.

Untuk  dalam negeri sendiri di ikuti dari  Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Lampung, Provinsi Bengkulu serta Kepulauan Riau, Provinsi Sumatera Utara dari Kabupaten Batubara, sedangkan untuk Kabupaten/ kota Se Provinsi Riau yaitu dari Kabupaten kuantan singingi, Kabupaten Rokan Hilir dan Pekanbaru.


Dalam kesempatan yang sama sebelum membuka Festivak Siak Bermadah secara resni, Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rahman mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Riau saya mengucapkan selamat datang pada peserta Festival Siak Bermadah dibumi lancang kuning ini.

Pemerintah menyambut  kegiatan ini dengan baik sebagai wujud guna melestariakan budaya melayu serta sebagai ajang promosi Pariwisata daerah.

Seperti iven  sebelumnya kata Arsyadjuliandi Rahman,Festival Siak Bermadah ini telah banyak menapat apresiasi dari negara tetangga serta dapat menjaga eksistensi kebudayaan budaya daerah untuk dapat dilestarikan.harapan yang harus diwujudkan sebagai the homeland of melayu dikarenakan daerah ini mempunyai potensi kebudayaan dan menjadi objek kepariwisataan yang berbekal spriti untuk mengembakan pariwisata jelas nya

"Saya mengajak kita semua untuk meningkatkan kebudayaan daertah kita agar peningkatan disektor pariwisata di provinsi riau ini bisa semakin berkembang pesat,'' kata Arsyadjuliandi Rahman.


 

Listrik Indonesia

#Siak

Index

Berita Lainnya

Index