Tahun Depan Pemko Belum Pastikan Kelanjutan Pembangunan Perkantoran Tenayan Raya

Tahun Depan Pemko Belum Pastikan Kelanjutan Pembangunan Perkantoran Tenayan Raya
pembangunan pertantoran Pemko Pekanbaru di Tenayan Raya.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)-  Sekretaris Daerah (Sekda) Pekanbaru, M Noer memastikan proyek-proyek multiyears atau tahun jamak tidak diteruskan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017.

"Untuk kegiatan-kegiatan kita yang multiyears belum bisa memenuhi semua dalam APBD 2017," ujarnya, selasa 11 Oktober 2016.

Alasannya sebab pendapatan yang diraih tidak jauh berbeda dengan kondisi 2016. "Karena angkanya belum bisa naik malah kurang. Di bawah APBD 2016 perubahan," katanya.

Penyebabnya dana dari pusat yang berkurang, sehingga Pemko Pekanbaru tidak bisa melanjutkan proyek akibat ketersediaan dana yang terbatas.

"Pemasukan PAD seperti pajak bisa meningkat. Tetapi pemasukan yang bersumber dari DAU dan lainnya, angka  berkurang secara nasional. Belum sampai kembali ke angka sebelumnya," jelas M Noer.

Seperti diketahui Pemko Pekanbaru menghentikan beberapa proyek tahun 2016. Seperti Jalan Lingkar Luar Dan Mega Proyek Komplek Perkantoran Tenayan Raya. Hal tersebut dikarenakan defisit anggaran, bahkan Pemko mengurangi gaji Tenaga Harian Lepas (THL).

Kondisi ini menuai kritikan dari berbagai lapisan masyarakat. Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi (Fitra) Riau, Usman bahkan menyebut bahwa kebijakan Wali kota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT ini merupakan kebijakan gagal.

"Kami melihat Firdaus terlalu berambisius dan terkesan memaksakan diri untuk membangun proyek-proyek besar dan tidak mengukur kemampuan keuangan yang ada,"kata Usman,

Tidak jelasnya proyek multiyeras ini, menurut Usman disebabkan akibat perencanaan anggaran yang dialokasikan untuk perkantoran tidak matang. Sehingga pembangunan proyek tersebut tidak jelas kelanjutanya. Sementara saat ini Pemko Pekanbaru mengalami defisit anggaran yang luar biasa.

"Nah, jika nanti Firdaus tidak menjadi Walikota lagi, maka Firdaus harus bertangungjawab atas kebijakan yang dibuatnya,"katanya

Pihaknya menilai, sebenarnya pembangunan perkantoran tersebut belum terlalu mendesak untuk dilakukan. Sebab kantor Walikota Pekanbaru yang berada di Jalan Sudirman saat ini masih representatif dan masih layak untuk ditempati. (R05)
    
 

Listrik Indonesia

#Pemko

Index

Berita Lainnya

Index