Konflik di Perbatasan Padang Lawas, Sukiman Bilang Sudah Surati Mendagri

Konflik di Perbatasan Padang Lawas, Sukiman Bilang Sudah Surati Mendagri
Ekspansi perkebunan sawit menjadi penyebab konflik di daerah perbatasan Riau-Sumatera Utara.
Konflik di Perbatasan Padang Lawas, Sukiman Bilang Sudah Surati Mendagri
 
PASIRPENGARAIAN (RIAUSKY.COM)- Penyelesaian konflik di wilayah perbatasan Rokan Hulu Riau dan Padang Lawas (Sumatera Utara) sampai saat ini belum menemukan tirik terang.
 
Belum ada penetapan terhadap tapal batas resmi kedua wilayah, walau sempat terjadi konflik beberapa waktu lalu diareal warga yang juga diklaim oleh PT Mazuma Agro Indonesia (MAI) yang disebutkan masuk wilayah Sumatera Utara.
 
Plt Bupati Rohul H Sukiman yang dikonfirmasi wartawan  usai menerima kunjungan kerja Kejati Riau ke Rohul menyebutkan, pihaknya sudah mengirimkan surat ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk segera menentukan tapal batas yang belum tuntas itu. Sehingga tidak terjadi konflik  berkepanjangan di tengah-tengah masyarakat baik Rohul dan PT MAI juga masyarakat Padang Lawas yang ada di wilayah perbatasan tersebut.
 
"Kita sudah mengirimkan surat kepada Kemandagri, agar tapal batas dua daerah ini dapat terselesaikan, sehingga masyarakat disana tenang tidak saling klaim,"kata Sukiman.
 
Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Rohul, menghimbau kepada seluruh masyarakat dari kedua belah pihak untuk tetap menahan diri dan tidak melakukan aktivitas di lokasi yang disengketakan dengan tujuan menghidari terjadinya konflik fisik dilapangan.
 
"Jangan terpengaruh pada profokasi yang merugikan dari masyarakat sendiri, mari kita menunggu kenjelasan tapal batasnya dari Pemerintah Pusat,"imbau Plt Bupati Sukiman.
 
Untuk diketahui, belum lama ini, akibat tidak ada status perbatasan antara Rokan Hulu Riau dengan Padang lawas Sumatra Utara, baru -baru ini warga nyaris bentrok selain itu dua Kapolres yaitu Kapolres Rohul dan Tapanuli Selatan sudah meninjau lokasi lahan diperbatasan  yang disengketakan.(R19)

Listrik Indonesia

#Rokan Hulu

Index

Berita Lainnya

Index