ADUH...Ternyata Pansel Pemilihan Wakil Gubernur Riau Belum Terbentuk...

ADUH...Ternyata Pansel Pemilihan Wakil Gubernur Riau Belum Terbentuk...
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - DPRD Riau sampai saat ini belum membentuk panitia seleksi pemilihan wakil gubernur yang jabatannya masih kosong, meskipun panitia khusus tata tertibnya sudah menyelesaikan tugasnya terkait tata cara pemilihan dan kriterianya.

Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldy Jusman di Pekanbaru, Jumat mengatakan, pansel yang akan dibentuk setelah tatib itu dikonsultasikan dulu dengan pihak kementrian dalam negeri. Dia menargetkan 30 hari tuntas konsultasi dan pihaknya sudah menugaskan anggota DPRD ke kemendagri untuk menyelesaikan itu.

"Kalau mendagri setuju, nanti dikembalikan ke DPRD Riau, dan sudah menjadi keputusan dewan. Maka dibentuklah panitia untuk menjaring wagub dan pimpinan minta Dewan Pimpinan Daerah Golkar sebagai partai pengusung tunggal diminta untuk mengajukan dua nama," katanya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Riau lainnya, Sunaryo, mengatakan pihaknya belum membentuk pansel tersebut karena kesibukan dewan melakukan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan 2016 beberapa hari lalu. Akan tetapi tugas dewan lainnya juga menunggu yakni pembahasan Rancangan APBD murni 2017.

"Nanti pembentukannya berkemungkinan akan sejalan dengan pelaksanaan pembahasan anggaran untuk APBD murni 2017 mendatang," ujarnya.

Ketua Pansus tatib khusus pemilihan Wagub DPRD Riau, Aherson menambahkan dalam pansel nanti nbakal terdiri 11 anggota dari perwakilan masing-masing fraksi di DPRD. Kemudian juga ditambahkan tiga unsur pimpinan dewan.

"Pembentukan pansel wagub tergantung pada pimpinan DPRD Riau, tugas pansus sebagai pansus tatib pemilihan terbatas hanya menyusun tata cara pemilihan dalam tatib dewan dan tugas pansus sudah selesai," ujarnya.

Gubernur Riau saat ini, Arsyadjuliandi Rachman sebelumnya merupakan wagub. Dia resmi jadi gubernur pada Mei lalu menggantikan Annas Maamun yang sudah menjadi narapidana kasus suap setelah tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. [ant]

Listrik Indonesia

#DPRD Riau

Index

Berita Lainnya

Index