Pilkada Kampar 2017

Jika Terpilih, Ardo Siapkan Grand Design Industri Pariwisata di Danau Rusa

Jika Terpilih, Ardo Siapkan Grand Design Industri Pariwisata di Danau Rusa
Ardo
BANGKINANG (RIAUSKY.COM) - Danau Rusa di PLTA Koto Panjang adalah salah satu objek wisata potensial yang dimiliki oleh Kabupaten Kampar yang selama ini belum tergarap maksimal. Demikian yang disampaikan Ardo kepada wartawan, kemarin.
 
Menurut Ardo, Danau Rusa menyimpan berjuta potensi, jika ini digarap serius akan  menjadikan danau ini  sebagai destinasi pariwisata yang akan ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun dari luar Kampar.
 
"Lokasi Danau Rusa ini terletak sangat strategis di tepi jalan lintas provinsi, dari segi akses amat mudah dijangkau. Selama ini,  sudah dikenal oleh masyarakat karena banyak disinggahi wisatawan dari puncak ketinggian panorama saja. Belum banyak yang turun berinteraksi langsung ke danau karena terbatasnya sarana dan prasarana penunjang," kata Ardo.
 
Lebih jauh Ardo menuturkan, jika nanti terpilih jadi bupati, dia akan membangun dermaga apung di danau rusa untuk memudahkan wisatawan berkunjung ke sana. Selain dermaga, fasilitas boat juga akan dilengkapi.  
 
Warga juga diperbolehlan untuk menyediakan jasa penyewaan boat sebagai sumber pemasukan warga setempat. Di sini masyarakat bisa minikmati wisata memancing, wisata kuliner wiasata alam perpaduan sungai dan alam asri bisa dinilmati oleh wisatwan untuk hangout bersama keluarga.
 
"Dermaga apung ini akan terakses langsung melalui jalur sungai dari danau rusa ke arah komplek Candi Muara Takus. Akses jalur sungai ini juga bisa menembus langsung ke sungai kopu yang sudah terkenal dengan potensi air terjun batu dinding," imbuhnya.
 
Ditambahkan dia lagi, akan banyak pilihan bagi wisatawan jika datang ke danau rusa.  Akan ada paket visit Candi Muara Takus bahkan wisatawan juga bisa menikmati  paket eksotisme sungai Kopu dengan keindahan air terjun batu dinding saat melintasi hutan lebat nan asri sambil disuguhi panorama alam perpaduan hutan, sungai dan gugusan batu cadas serta dan  juga menikmati suara merdu kicuan burung  memberi daya tarik lain bagi wisatan.
 
"Kalau konsep ini terwujud, maka akan ada sumber pemasukan yang amat luar biasa bagi masyarakat tempatan yang terlibat langsung dari pengembangan industri pariwisata saya di danau PLTA yang sepaket dalam pengembangan Danau Rusa, Candi Muara Takus hingga pengembangan Objek Air Terjun Batu Dinding di sungai Kopu via jalur sungai itu tadi," beber Ardo.
 
Ardo menambahkan, jika konsep periwisata ini terwujud, maka masyarakatlah yang paling besar menikmati manfaatnya. Ekonomi masyarakat pelaku pariwitasa ini akan terdongkrak.
 
"Semua masyarakat akan bisa menikmati dampak positif dari menggeliatnya industri pariwisata kita di Danau Rusa yang saya jelaskan tadi. Terutama tentunya masyarakat di Kecamatan XIII Koto Kampar dan di Kecamatan Koto Kampar Hulu. Untuk itu saya mat butuh dukungan masyarakat untuk mewujudkan semua ini,” tutup Ardo. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index