Karlahut di Rangsang Tuntas, BPBD Imbau Warga Segera Melapor Bila Temukan Titik Api

Karlahut di Rangsang Tuntas, BPBD Imbau Warga Segera Melapor Bila Temukan Titik Api
SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) – Setelah berjibaku siang dan malam sekitar lima hari, tim pemadam karlahut BPBD dan instansi terkait berhasil memadamkan titik api yang menghanguskan sekitar 50 hektare lahan di Desa Telesung Kecamatan Rangsang Pesisir. 
 
Namun demikian Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Meranti Muhmmad Eddy Afrizal SE, MH mengimbau masyarakat tetap waspada dan segera melaporkan bila menemukan titik api yang berpotensi meluas.
 
“Alhamdulillah titik api yang di Desa Telesung sudah berhasil dipadamkan sejak Sabtu lalu. Berkat kerjasama seluruh tim, bantuan aparat dan masyarakat setempat serta bantuan hujan titik api benar-benar sudah padam,” ungkap Eddy, Senin, 17 Oktober 2016.
 
Namun demikian Eddy mengaku tetap memantau karena dikhawatirkan bila kondisi kering titik api kembali muncul. Untuk itu dia meminta masyarakat dan aparatur di desa dan kecamatan segera berkoordinasi bila kembali menemukan titik api.
 
“Meski sudah ada curah hujan kami imbau masyarakat jangan membakar lahan. Dan yang paling penting, segera laporkan jika ada lahan atau hutan yang terbakar sehingga dapat segera dipadamkan. Jangan menunggu api sudah membesar baru melapor karena memadamkannya akan semakin sulit,” jelas dia.
 
Untuk melaporkan karlahut sambung Eddy, bisa langsung ke aparatur desa dan kecamatan setempat. Pihak desa dan kecamatan pun sudah mengetahui kemana akan berkoordinasi bila mendapat laporan karlahut.
 
Terkait karlahut di Desa Telesung, Eddy menjelaskan luasnya sekitar 50 hektare. Adapun yang terbakar adalah semak belukar, kebun karet, kebun kelapa dan kebun sagu. “Kondisi tanahnya ya gambut sehingga api cepat meluas. Tapi sekarang syukurlah sudah padam dan udara sudah bersih,” sebutnya.
 
Saat kebakaran terjadi, BPBD selain menurunkan tim pemadam juga telah membagi-bagikan masker ke masyarakat. Eddy kembali mengingatkan masyarakat agar segera melapor bila melihat titik api yang berpotensi meluas. (R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index