Gubri Launching Program Resgo

Beginilah Komitmen Penghematan Energi dan Air ala Pemprov Riau

Beginilah Komitmen Penghematan Energi dan Air ala Pemprov Riau
Gubri saat menandatangani komitmen Resgo
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) launching program Riau Energi Saving Goverment Office (Resgo). Tujuan dari kegiatan ini untuk menghemat pengunaan energi dan pengunaan air yang tidak sesuai dengan kebutuhan.
 
Launching Resgo diawali dengan penandatanganan oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Kemudian dikuti Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Riau termasuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai bentuk dukungan komitmen yang digagas Distamben Riau.
 
"Pak Gubernur, pak Sekda sudah memulai komitmen Resgo dengan memberikan tanda tangani. SKPD juga menyatakan komitmennya. Sekarang tinggal aksi saja lagi," kata Kadistamben Riau Syahrial Abdi, di Gedung Perpustakaan Soeman Hs, Selasa, 18 Oktober 2016.
 
Menurut Syahrial, sasaran dari kegiatan Resgo tersebut untuk melakukan penghematan anggaran belanja daerah, di masing-masing instansi pemerintahan termasuk perusahaan daerah berplat merah. 
 
Perlunya melakukan itu seiring dengan rasionalisasi anggaran yang sedang dilakukan saat ini. Dengan begitu, belanja langsung untuk pembayaran rekening listrik dan penggunaan air bisa ditekan.
 
Syahrial bahkan meyakini, jika komitmen ini bisa teraplikasi dengan baik setidaknya 10 sampai dengan 20 persen anggaran dari total yang biasa dibayarkan untuk pembayaran tagihan bisa dihemat. 
 
Agar komitmen ini tidak hanya sebatas wacana, papar Syahrial akan dikeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang penghematan energi dan air. Melalui Pergub itu nantinya, akan mengatur cara penghematan dan mekanisme penghematan serta unit yang memantau penghematan dan pengawasan panduan penghematan hingga audit energi.
 
"Kami (Dsitemben) akan memantau Resgo ini dengan telah membuat aplikasi online yang terintegrasi dengan situs resmi Pemprov Riauriau.go.id yang akan dilaunching bertepatan pada kegiatan Riau Expo, termasuk logo Resgo dan aplikasi, tagline Resgo. Tentunya jika komitmen ini dijalankan bersama setidaknya kita bisa menghemat biaya pengeluaran sebesar 10-20 persen," ujar Syahrial. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index