Uji Kompetensi Guru Online Digelar 9 November

Uji Kompetensi Guru Online Digelar 9 November
Ilustrasi

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Bulan depan, pemerintah akan menguji ulang kompetensi para guru Indonesia. Uji Kompetensi Guru (UKG) online akan dihelat pada 9-27 November, sedangkan UKG offline digelar pada 24 November secara serentak di 156 sekolah di 10 provinsi.

Sistem online akan dilaksanakan pada daerah yang memiliki laboratorium komputer dan terhubung dalam jaringan intranet. Sedangkan sistem offline dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet.

"UKG dilaksanakan di sekolah yang memenuhi kriteria sebagai tempat uji kompetensi (TUK). Hingga saat ini sudah terdaftar 4.145 sekolah dari 5.000 sekolah yang akan digunakan untuk TUK online," terang Kasubdit Perencanaan Kebutuhan, Peningkatan Kualifikasi, dan Kompetensi Dirjen GTK Kemdikbud, Santi Ambarukmi.

Pengawasan UKG online dilakukan operator yang bertindak sebagai admin. Operator ini sudah dilatih di masing-masing TUK.

"Untuk online, soalnya akan berbeda-beda. Guru juga tidak boleh membawa apa-apa karena alatnya sudah disiapkan. Sedangkan pada UKG offline, usai ujian, soal akan langsung dimusnahkan di hari yang sama, baik dengan alat pemotong kertas atau dibakar," imbuhnya.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud, Sumarna Surapranata, menerangkan, UKG mengujikan 60 soal atau 120 soal. "Tergantung mata pelajaran dan program keahlian yang harus diselesaikan guru. Semua harus dikerjakan dalam waktu 120 menit," ujarnya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index