Dikira Patin Kualo, Ternyata Jaring Nelayan Ini Tangkap Buaya Berukuran Sedang...

Dikira Patin Kualo, Ternyata Jaring Nelayan Ini Tangkap Buaya Berukuran Sedang...
Buaya terperangkap jaring nelayan. Foto: riauterkini

PANGKALANKERINCI (RIAUSKY.COM)- Safrizal, seorang nelayan di Teluk Meranti senang bukan kepalang, Jaring yang dia pasang seperti ditarik ikan berukuran besar. 

Awalnya dia mengira akan mendapatkan ikan sejenis patin berukuran besar yang oleh melayan setempat dinamakan patin kualo. Namun, dia hampir saja jatuh ke sungai karena yang tertangkap di jaringnya adalah seekor buaya berukuran sedang.
 
Peristiwa itu terjadi Selas, 25 Oktober 2016 lalu. Kala itu Safrizal, melihat pelampung jaringnya timbul tenggelam bak ditarik oleh sekolompok ikan yang tersangkut. Wajah gembira begitu terpancar seketika ketika pelampung terus bergerak ke kiri dan ke kanan.
 
Perlahan ia pun mulai menarik dikit-demi-sedikit dengan harapan hari itu merupakan hari keberuntungan dengan hasil yang melimpah ruah.
 
Dengan senyum lebar ia pun mulai menaikan jaring yang sudah dibentang sebelumnya di hamparan sungai. Sesekali ia menarik justru mendapat perlawanan dari balik tali.
 
Ia pun kian bersemangat terus menarik untaian tali jaring apung ini. Tak pelak, dirinya dikejutkan oleh hantaman air yang begitu kuat, mengipak-ngipak dengan sangat kuat.
 
Dalam hati nelayan senior di kecamatan Teluk Meranti ini berkata, mungkin ini adalah ikan jenis besar. Sesaat kemudian begitu sudah dekat ia dikagetkan oleh seeokor buaya yang sudah lemas terlilit oleh jaring hanyut milik dia.
 
Saat itu juga dia meminta bantuan kepada sesama nelayan lain, untuk menangkap buaya ini dan dibawa ke daratan di kecamatan Teluk Meranti.
 
Salah seorang warga Teluk Meranti Hendrik Bono kepada wartawan, Rabu, 26 Oktober 2016 membenarkan adanya penangkapan seekor buaya oleh salah seorang nelayan di kecamatan Teluk Meranti.
 
Menurutnya, penangkapan itu dilakukan oleh warga secara tidak sengaja, dimana kala itu seorang menebar jaring hanyut seterusnya terperangkap seekor buaya ukuran 2 meter.
 
"Lokasi terperangkapnya buaya ini tepatnya di Tanjung Seluk perairan Sungai Kampar dikecamatan Teluk Meranti. Kini sudah diamankan disebuah parit dan menjadi tontonan masyarakat," kata dia seperti dilansir dari riauterkini.com. (R01/i)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index