Dikalahkan Televisi dan Internet, Tinggal 9 Persen Remaja di Indonesia Baca Koran dan Majalah...

Kamis,27 Oktober 2016 | 02:08:29 WIB
Dikalahkan Televisi dan Internet, Tinggal 9 Persen Remaja di Indonesia Baca Koran dan Majalah...
Ket Foto :

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Istilah generasi Z santer terdengar akhir-akhir ini untuk melambangkan generasi muda di rentang usia 10-19 tahun yang erat kaitannya dengan dunia digital. Nyatanya dunia yang serba digital bagi generasi Z juga memengaruhi cara mereka mendapatkan informasi.

Menurut survey Nielsen Consumer & Media View (CMV) kuartal II 2016 yang dilakukan di 11 kota di Indonesia, hanya 9 persen dari generasi Z yang saat ini masih membaca koran, majalah atau tabloid dalam bentuk cetak. Sisanya, lebih memilih mendapatkan informasi dari televisi atau internet. Hal itu diungkapkan oleh Hellen Katherina, Executive Director, Head of Watch Business Nielsen Indonesia di Mayapada Tower, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Survei itu dilakukan dari tahun 2010 hingga 2016 di 11 kota yaitu Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar dan Banjarmasin. Setidaknya ada 17.000 responden berusia 10 sampai 19 tahun yang mengikuti survei ini.

Nielsen membagi Gen Z dalam dua area. Kelompok pertama berusia 10-14 tahun atau yang disebut anak-anak dan kelompok lainnya 15-19 tahun, disebut remaja. Di kelompok pertama, kebiasaan membaca media cetak hanya dilakukan 4 persen anak. Sisanya sebanyak 98 persen memilih menghabiskan waktu menonton televisi, 13 persen bermain internet, 10 persen memakai televisi berbayar, dan 7 persen mendengarkan radio.

Lalu di kalangan remaja, hanya 9 persen yang masih membaca dalam bentuk cetak, mulai dari koran, majalah dan tabloid. 97 persen memilih televisi, 81 persen memilih internet, 14 persen mendengarkan radio dan sisanya televisi berbayar sebanyak 10 persen. Begitupun dengan minat membaca buku. Menurut Nielsen Consumer & Media View Q2 2016, hanya 11 persen anak-anak yang suka membaca. Sisanya suka berolahraga sebanyak 44 persen, menonton televisi 32 persen, mendengarkan musik 25 persen dan menjelajah internet 17 persen. (R01/Dtc)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS