Peringati Hari Sumpah Pemuda di Meranti, Ini Amanat Wabup Said Hasyim

Peringati Hari Sumpah Pemuda di Meranti, Ini Amanat Wabup Said Hasyim
Foto bersama
SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Said Hasyim bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-88 Tahun 2016, upacara dalam rangka membangkitkan semangat juang generasi muda membangun negeri itu, dipusatkan dihalaman Kantor Bupati Meranti, Jum'at (28/10).
 
Turut hadir Sekdakab. Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, Kapolres Meranti AKBP. Barliansyah Sik, Kandepak Meranti Miskan Slamat, Ketua MUI Mustafa, Ketua LAM Ridwan Hasan, Ketua FKUB H. Deli Yuzar, Pabung Mayor TNI Hasan Ibrahim, Ketua KNPI Hanafi serta Tokoh Pemuda/masyarakat/adat dan lainnya.
 
Ada yang unik diperingatan HUT Sumpah Pemuda Ke-28 Kabupaten Meranti, saat pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan Pengucapan Sumpah Pemuda, pengucap ikrar didampingi oleh pemuda-pemudi berpakaian adat daerah yang mencerminkan perwakilan pemuda ditahun 1928 lalu, yang bertekat bertumpah darah satu, berbangsa yang satu dan berbahasa yang satu Indonesia.
 
Pada kesempatan itu Sempena Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Kepulauan Meranti H. Said Hasyim mengatakan, peringatan yang dilakukan saat ini jangan hanya bersifat seremonial belaka tetapi harus diaplikasikan dengan aksi nyata. 
 
Pemuda saat ini harus mampu berjuang membangun dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesi. Wabup H.said Hasyim mengajak pemuda-pemudi Meranti dapat memaknai Pidato Bung Karno "Beri aku seribu orang tua maka akan kucabut Semeru dari akarnya dan beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncang dunia"
 
Apa yang dikatakan bapak pendiri bangsa itu, menurut Wabup mengandung makna, banyak pemuda saja tidak cukup untuk bisa memajukan Indonesai khususnya Meranti, tetapi dibutuhkan pemuda yang memiliki visi besar dalam menatap dunia. "Hanya dengan pemuda yang hebat Meranti bisa maju, tanpa itu Meranti akan sulit untuk melaju sejajar dengan Kabupaten lainnya yang telah lebih dulu terbentuk," ujar Wabup.
 
Wabup mngapresiasi berbagai prestasi yang telah diukir oleh pemuda dan pemudi Meranti dalam ajang MTQ tingkat Provinsi dan Nasional dengan menempatkan Kabupaten Meranti menjadi Kabupaten yang paling diperhitungkan. Menurut Wabup itu adalah salah satu bukti aksi nyata yang dilakukan oleh pemuda dalam mengharumkan nama daerah. "Ini bukti meski Meranti merupakan Kabupaten baru tapi dengan memiliki pemuda yang hebat mampu sejajar bahkan lebih baik dari Kabupaten lainnya," terang Wabup.
 
Dalam membangun daerah menurut Wabup, tidak saja dapat dilakukan dengan meraih prestasi diajang perlombaan Nasional, tapi juga harus tanggap menyikapi berbagai hal dan mampu menyikapinya dengan cerdas dan berani. "Mari kita hayati sumpah pemuda ini dan teruskan perjuangan pemuda terdahulu, pemuda harus kuat berani dan tanggap menyikapi isu, kalo tidak akan digilas kejamnya hidup didunia ini," harapnya.
 
Hal positif lainnya yang dapat dilakukan pemuda Meranti adalah dengan mengembangkan potensi dari lewat berwiraswasta membuka lapangan kerja sendiri sehingga mampu menekan angka kemiskinan daerah yang masih cukup tinggi, dan mengangkat ekonomi negeri Sagu menuju Meranti yang sejahtera. 
 
Sempena HUT Sumpak Pemuda Ke-88 kali ini, Wabup juga mengingatkan kepada pemuda-pemudi Meranti untuk saling jaga serta menciptakan suasana yang kondusif. Tanpa hal itu menurut Wabup negeri ini akan sulit berkembang. "Jika suasana tidak kondusif maka waktu dan tenaga akan terkuras sia-sia menyelesaikan masalah yang tak perlu. Mari kita jaga suasa Meranti yang kondusif," ujarnya lagi.
 
Akhir kata Wabup kembali mengajak pemuda untuk terus memberikan pemikiran yang positif dan konstruktif, dan hindari sifat takut jika ingin berbuat karena itu ciri orang yang tidak mau maju. "jangan takut untuk memulai, berusaha dan berbuat dulu baru kaji masalahnya, ini problem yang harus difikirkan pemuda Meranti," pungkasnya. (R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index