Pemkab Pelalawan Segera Distribusikan Dana Rp50 Juta untuk KAT Suku Akit

Pemkab Pelalawan Segera Distribusikan Dana Rp50 Juta untuk KAT Suku Akit
Suku Akit di Pelalawan

 

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Komitmen Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan untuk mengangkat derajat kehidupan masyarakat suku terasing atau Kelompok Adat Terpencil (KAT) yang masih ada ditemukan dikabupaten Pelalawan, terus digalakkan.
 
Hal ini dibuktikan salah satunya dengan segara didistribusikannya bantuan dengan total sebesar Rp 50 juta untuk 50 Kepala Keluarga masyarakat suku Akit didesa sungai Upih kecamatan Kuala Kampar yang merupakan suku terasing dikabupaten Pelalawan.
 
Dimana KAT kategori II Suku Akit kecamatan Kuala Kampar  yang berada di Desa Sungai Upih ini, terdiri dari tiga dusun yakni Dusun Sungai Raya, Dusun Parit Tengah dan Dusun Sungai Sekiat.Informasi ini dibeberkan Kepala Dinas Kesejahteraan sosial (Diskessos) Pelalawan MD Rizal M.Pd.
 
Katanya, bantuan yang bersumber dari APBD Pelalawan tahun 2016 tersebut, diberikan pihaknya sebagai tindak lanjut kepedulian Pemkab Pelalawan terhadap suku terasing kabupaten Pelalawan yakni desa sungai Upih kecamatan Kuala Kampar, sesuai dengan pengkajian yang telah dilakukan Diskessos Pelalawan melalui pemetaan sosial.
 
"Jika tidak ada aral melintang, maka pada awal November mendatang, kita akan mendistribusikan bantuan uang tunai dengan total sebesar Rp 50 juta dari APBD Pelalawan 2016 untuk 50 KK masyarakat Suku Akit yang merupakan Kelompok Adat Terpencil (KAT) berkategori II didesa sungai Upih kecamatan Kuala Kampar. Dimana masing-masing keluarga akan mendapat bantuan sebesar Rp 1 juta. Dan bantuan ini, merupakan komitmen Pemkab Pelalawan melalui Diskessos Pelalawan untuk mengangkat kehidupan masyarakat yang tergolong KAT dikabupaten Pelalawan ini. Selain itu, bantuan ini juga salah satu upaya kita untuk mendukung RPJMD Bupati dalam rangka mengurangi tingkat kemiskinan di Negeri Bono ini," ujarnya.
 
Lanjutnya, selain itu, pihaknya juga akan membangun sarana dan prasarana yang lebih baik seperti membangun fasilitas MCK, pengadaan air bersih dan lainnya, untuk masyarakat KAT didesa sungai Upih kecamatan Kuala Kampar kabupaten Pelalawan.
 
"Dan hal ini merupakan upaya kita untuk mengangkat derajat kehidupan masyarakat yang tergolong KAT dikabupaten Pelalawan ini, dengan terus memberdayakan KAT ini yang telah masuk dalam kategori 2. Serta terus memberikan pembinaan, memotivasi dan mendorong KAT ini, untuk keluar dari kemiskinan dan memaksimalkan fungsi orang tua agar dapat menyekolahkan anaknya serta mendukung Program Pemkab," sebutnya. (R09)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index